Advertisement

DIY Sabet 2 Penghargaan Sekaligus dari Menteri Dalam Negeri

Media Digital
Senin, 04 Maret 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
DIY Sabet 2 Penghargaan Sekaligus dari Menteri Dalam Negeri Mendagri RI memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Pemda DIY khususnya Sat Pol PP DIY dalam Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP & HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Padang. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Pemda DIY meraih dua penghargaan sekaligus dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, yakni Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja masing-masing untuk Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, dan Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad.

Kedua penghargaaan tersebut diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian dalam Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP & HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional Tahun 2024 yang digelar di Padang, Sumatra Barat, Minggu (3/3/2024).

Advertisement

Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja diberikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X atas karya bakti dan kepeduliannya terhadap Satuan Polisi Pamong Praja. Selain Sri Sultan, Gubernur Bali dan Gubernur Sumatra Barat juga memperoleh penghargaan pada 2024 ini. Sebelumnya, Gubernur DIY pernah mendapatkan penghargaan ini pada 2022.

Sementara, penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja yang diberikan kepada Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, diberikan karena dinilai sangat berhasil, kreatif, inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Mereka yang mendapatkan penghargaan ini memiliki peran dalam mendorong Satpol PP dan Satlinmas agar terus tumbuh di tengah masyarakat.

Plt Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad pada 2023 juga telah menerima penghargaan ini, sehingga Noviar menjadi satu-satunya yang menerima penghargaan ini selama dua tahun berturut-turut.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam sambutannya menekankan peran strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga situasi kondusif selama tahapan pemilu dan pilkada. Kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan trantibumlinmas menjadi kunci sukses pelaksanaan pemilu dan pilkada yang aman dan damai.

"Saya meminta gubernur untuk mengkoordinasikan langkah-langkah antisipatif di daerah masing-masing, khususnya kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum sehingga proses demokrasi dan pemulihan ekonomi berjalan bersamaan," kata Tito melalui keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Senin (4/3/2024).

BACA JUGA: Satpol PP DIY Lakukan Percepatan Pembentukan Jaga Warga

Mendagri juga menekankan beberapa hal, di antaranya tentang peran Satpol PP dan Satlinmas selaku tonggak utama penegakan perda, melindungi dan mengayomi masyarakat, terutama dalam Pemilu 2024 yang berjalan sukses. Hal itu tak lepas dari peran Satpol PP dan Satlinmas. "Pemilu di Indonesia paling besar dan paling komplet di dunia. Kesuksesan pemilu salah satunya karena efektifitas tugas Satpol PP dan Satlinmas," kata Mendagri. 

Puncak Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Sumatra Barat, ditandai dengan Upacara Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Halaman Kompleks Istana Gubernur Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Minggu pagi.

Upacara Gelar pasukan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol-PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional yang diselenggarakan sejak 2-3 Maret 2024 di Kota Padang, Sumatra Barat.

Mengambil tema Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibum Linmas untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024, Menteri Mendagri, Tito Karnavian pada Gelar Pasukan ini bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dia menekankan beberapa hal, di antaranya tentang peran Satpol PP dan Satlinmas selaku tonggak utama penegakan Perda, melindungi dan mengayomi masyarakat. Terutama pada Pemilu 2024 lalu, yang berjalan sukses di antaranya berkat peran Satpol PP dan Satlinmas. "Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan Satpol PP, Satlinmas dan seluruh pembinanya," sambung Mendagri.

Mendagri juga menyinggung soal tenaga Satpol PP non ASN di Indonesia saat ini. Apalagi dengan kemampuan khusus yang dimiliki Satpol PP yang berbeda dengan ASN lainnya, Mendagri menghimbau kepala daerah agar diberikan kesempatan kepada anggota Satpol PP non ASN untuk menjadi ASN atau PPPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement