Advertisement

Petugas Kewalahan, Sampah di Depo Pengok Sudah Penuhi Bahu Jalan

Alfi Annisa Karin
Rabu, 06 Maret 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Petugas Kewalahan, Sampah di Depo Pengok Sudah Penuhi Bahu Jalan Kondisi Depo Pengok, Rabu (6/3/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Situasi Depo Pengok yang merupakan salah satu depo besar di Kota Jogja mengalami over load sampah. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, hari ini, Rabu (6/3/2024), sampah di Depo Pengok bahkan meluber hingga ke bahu jalan.

Salah satu petugas Depo Pengok, Suparman mengaku kewalahan. Kondisi ini menjadi tumpukan sampah terparah yang pernah terjadi di Depo Pengok.

Advertisement

Suparman mengatakan dia bersama petugas depo lainnya harus menata tumpukan sampah. Pasalnya, jika dibiarkan menumpuk begitu saja, bisa dipastikan hari ini sampah sudah meluber hingga ke tengah jalan.

"Agak kewalahan karena harus bikin tanggulnya dulu supaya tidak ke jalan. Kalau ada warga yang buang sampah, tinggal dilempar di atasnya. Hari ini kira-kira tumpukan sampah sepanjang delapan meter, tingginya kurang lebih tiga meteran," ujar Suparman saat ditemui di Depo Pengok, Rabu.

Dia menambahkan, hingga Rabu siang setidaknya sudah ada dua truk yang melakukan pengangkutan. Truk pertama ditujukan untuk sampah yang dibuang secara mandiri oleh warga. Namun, saat tiba di depo truk itu sudah terisi setengahnya.

Menurut Suparman, itu merupakan sampah yang diambil dari tepian jalan. Sehingga, sampah mandiri di Depo Pengok yang bisa terangkut hanya kira-kira setengah truk.

BACA JUGA: Sampah di Depo Pengok Menggunung, Air Lindi Meluber ke Mana-Mana

Lalu, satu truk lagi digunakan untuk mengangkut sampah dari para penggerobak yang jumlahnya 16 orang. Saat ditanya soal kemungkinan tambahan armada pengangkut sampah, Suparman mengaku tak tahu pasti.

"Biasanya ada, tetapi saya juga tidak tahu. Mudah-mudahan ada untuk mengurangi yang di depan ini, besok pagi untuk pembuang baru lagi, banyak lagi," imbuhnya.

Sementara, kondisi yang sama juga terjadi di Depo Mandala Krida. Di sana sampah menumpuk hingga menyentuh pagar. Bahkan, ada beberapa sampah yang tergeletak di luar pagar. Ada juga beberapa gerobak yang terletak di luar depo. Bau tidak sedap muncul bahkan sejak jarak beberapa meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement