Advertisement

Gunungkidul Siapkan Nelayan Pemula Agar Profesional

Newswire
Kamis, 14 Maret 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Gunungkidul Siapkan Nelayan Pemula Agar Profesional Foto ilustrasi Dua nelayan di Pantai Ngandong, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, merapikan jaring yang digunakan untuk menangkap ikan. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul menyiapkan nelayan pemula agar professional dengan memberikan pelatihan kepada 20 nelayan. Hal ini agar mereka mahir mengoperasikan kapal sehingga dapat menangkap ikan di pantai selatan secara optimal.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Wahid Supriyadi di Gunungkidul, Kamis, mengatakan pelatihan yang dilakukan berupa pengoperasian kapal yang lebih besar dibandingkan dengan kapal yang biasa digunakan. "Materi pengenalan armada dan alat tangkap serta dasar-dasar keselamatan pelayaran," kata Wahid.

Advertisement

Ia mengatakan DKP Gunungkidul berupaya menyiapkan nelayan supaya menguasai teknologi ikan tangkap sehingga pada saat pengoperasian Pelabuhan Gesing, mereka tidak hanya menjadi penonton, tapi pelaku.

Potensi perikanan pantai selatan di Gunungkidul sangat tinggi, sehingga nelayan dipersiapkan secara optimal. Saat ini, total nelayan di Gunungkidul sebanyak 2.276 orang. Mereka harus dibekali teknologi penangkapan ikan, sehingga mereka bisa bekerja secara profesional.

"Untuk itu, kami melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi para nelayan lokal agar warga atau nelayan lokal tidak hanya sekedar menjadi penonton saja dengan potensi daerah yang dimiliki," katanya.

BACA JUGA: Respons Gibran Soal Kaesang Pangarep Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo

Wahid juga mengatakan DKP Gunungkidul membentuk rumah tangga nelayan yang tergabung dalam kelompok pengolah pemasar dan diberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan yang nantinya bisa memberikan nilai tambah terhadap hasil tangkapan.

“Hasil tangkapan ikan diharapkan tidak hanya dijual untuk memenuhi permintaan pasar, tapi bisa diolah oleh kelompok pengolah pemasar. Sehingga memiliki nilai lebih dan meningkatkan pendapatan mereka," katanya.

Wahid mengatakan nelayan Gesing akan mendapatkan bantuan kapal sekoci dari Pemerintah Pusat. “Beberapa waktu lalu kami mengusahakan dan mengusulkan agar kelompok nelayan mendapatkan bantuan kapal sekoci dari DKP DIY dan dapat bantuan tersebut. Saat kunjungan kementerian dan DPR RI itu, kami juga mendapatkan tambahan bantuan kapal sekoci. Saat ini, kami tindak lanjuti dengan mencari kelompok nelayan yang siap dan bisa mengoperasionalkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelatih Shin Tae-yong Diusulkan Dapat Gelar Kehormatan Warga Negara Indonesia

News
| Minggu, 28 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement