Advertisement

8 Korban Bencana Angin Puting Beliung Kulonprogo Terima Bantuan

Triyo Handoko
Minggu, 17 Maret 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
8 Korban Bencana Angin Puting Beliung Kulonprogo Terima Bantuan Penyerahan bantuan logistik ke korban bencana puting beliung di Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan pada Sabtu (16/3/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak delapan keluarga yang terdampak bencana hujan deras disertai angin puting beliung mendapat bantuan logistik. Kedelapan keluarga itu berasal dari Kapanewon Nanggulan dan Pengasih.

Bantuan logistik dari Dinas Sosial DIY itu disalurkan Kampung Siaga Bencana (KSB) Banyuroto kepada setiap penerima dengan besaran masing-masing Rp1,7 juta dalam bentuk seng atau terpal pengganti atap yang roboh, makanan, peralatan dapur, dan lainnya sesuai kebutuhan korban.

Advertisement

Ketua KSB Banyuroto, Bambang Nurcahyo menjelaskan hujan deras dan angin puting beliung menyebabkan delapan rumah yang dibantunya mengalami kerusakan. "Kerusakannya cukup parah, ada yang roboh bagian ruangannya, sehingga diperlukan bantuan untuk meringankan korban tersebut," terangnya, Minggu (17/3/2024).

Bambang menyebut kelompoknya itu fokus menangani bencana di Kapanewon Nanggulan, tapi tak menutup kemungkinan jika ada kejadian bencana di kapanewon lain untuk sigap membantu.

"Ini semacam kelompok sukarelawan, kami bekerja secara sukarela tanpa gaji, sehingga kami berharap pemerintah juga sigap menolong warganya jika ada bencana," tuturnya.

BACA JUGA: Hujan dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Menimpa rumah di Sleman

Kondisi cuaca yang tak menentu dimana kerap terjadi bencana, menurut Bambang, perlu disikapi pemerintah dengan lebih sigap. "Agar bisa ditanggulangi bersama, supaya korban yang ada tidak bertambah banyak," ujarnya.

Salah satu penerima bantuan, Triwibowo Mukti, warga Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih mengapresiasi upaya tersebut. "Bantuan ini sangat membantu kami yang tertimpa bencana, kami sangat berterima kasih," katanya.

Rumah milik Triwibowo itu ambruk setelah diterpa angin puting beliung pada Kamis malam kemarin. "Kami berharap ada bantuan material agar bisa diperbaiki lagi dari pemerintah mengingat kami dari ekonomi bawah," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement