Advertisement

Hujan dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Menimpa rumah di Sleman

Catur Dwi Janati
Jum'at, 15 Maret 2024 - 19:22 WIB
Maya Herawati
Hujan dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Menimpa rumah di Sleman Sebuah pohon menimpa rumah di Sleman akibat hujan deras dan angin kencang, Jumat (15/2/2024). - ist - BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah insiden bencana akibat hujan dan angin kencang terjadi di Sleman pada Kamis (14/3/2024). Meski pohon tumbang dilaporkan menimpa rumah, ruko hingga teras masjid, tidak ada korban jiwa akibat insiden ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro menjelaskan peringatan dini sebelumnya telah dikeluarkan oleh BMKG DIY, mengenai potensi terjadi hujan sedang sampai lebat yang dapat disertai lilat/petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY. "Hal ini berdampak pada beberapa kejadian bencana yang dilaporkan," kata Bambang,  Jumat (15/3/2024).

Advertisement

Sejumlah dampak hujan dan angin dilaporkan di berbagai Kapanewon di Sleman. Beberapa Kapanewon yang terdampak mencakup Kapanewon Ngaglik, Moyudan dan Ngemplak.

Kapanewon Ngaglik menjadi lokasi paling banyak terdampak dengan tujuh kejadian. Semuanya merupakan insiden pohon tumbang. Mulai dari pohon tumbang menutup akses jalan, menimpa ruko, menimpa motor terakhir, menimpa rumah hingga teras masjid.

"Di Masjid Al-Faizin, Candiwinagun RT 05/RW 13, Sardonoharjo Ngaglik pohon milik kas desa roboh menimpa bagunan atap galvalum teras dan jaringan kabel listrik PLN," ungkapnya.

BACA JUGA: 6 Juta Pemudik Bakal Masuk DIY, Dishub: Yang Tidak Berkepentingan Jangan Masuk Kota Jogja

Selain di Ngaglik, dua kejadian pohon tumbang juga dilaporkan di Moyudan. Di Jitar Ngemplak 2 RT 5/RW 14 Sumberarum dahan pohon munggur patah menimpa jaringan listrik penerangan jalan. Sedangkan di Setran RT 02/RW 27 Sumberarum, pohon munggur berdiameter 40 senti roboh menutup akses jalan kampung.

Sedangkan di Kapanewon Ngemplak, dua insiden pohon tumbang juga dilaporkan terjadi. Di Morangan RT 6/RW 06 Sindumartani, pohon wadang menimpa rumah utama, dua kamar tidur dan ruang tamu. Sedangkan di Jln. Umbul Rondo No.1, Pokoh, Wedomartani dua pohon tumbang melintang menutup akses jalan.

Menanggulangi berbagai dampak yang terjadi, BPBD segera melakukan asesmen dampak dan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait. BPBD juga melakukan pemotongan pohon tumbang dan mendistribusikan bantuan darurat yang diperlukan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam berbagai insiden kali ini. "Korban jiwa nihil," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement