Advertisement

Sambut Pemudik, Ini Titik Pos Siaga yang Disiapkan Dishub Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 24 Maret 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Sambut Pemudik, Ini Titik Pos Siaga yang Disiapkan Dishub Bantul Ilustrasi mudik / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul terus mematangkan sejumlah persiapan yang akan dilakukan yang  menjelang lebaran tahun 2024.

Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi menyampaikan dari Kementerian Perhubungan diperkirakan jumlah kendaraan yang masuk ke DIY pada lebaran kali ini sekitar 1-3 juta kendaraan.

Advertisement

Meski begitu, menurut Singgih biasanya kendaraan yang masuk ke Bantul tidak mencapai jumlah prakiraan tersebut. "Biasanya tidak sebanyak yang diprediksikan. Kendaraan yang masuk saat Lebaran lebih banyak daripada saat Natal dan Tahun Baru [Nataru]. Nataru kemarin [2023] kendaraan yang masuk Bantul kisaran 400-500 ribuan, enggak sampai jutaan," katanya, Minggu (24/3/2034).

Sementara menurut Singgih arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi sekitar pada 3-4 April 2024 dan arus balik pada 14-15 April 2024. Dia pun mengimbau agar pemudik yang akan kembali ke daerah asal mempersiapkan perjalanannya terlebih dahulu.

"Pemudik diharapkan menyiapkan kendaraannya dengan baik. Apabila perjalanan mudik dapat dilakukan siang hari, mohon bisa direncanakan siang hari, kalau siang lebih terang, kalau terpaksa perjalanan malam hari harus hafal medan dan rute," katanya.

BACA JUGA: Kemenhub Siapkan 722 Bus dan 30 Truk Mudik Gratis

Nantinya Dishub Bantul akan mendirikan pos siaga Lebaran di Klangon, bunderan Srandakan, Druwo, simpang tiga Piyungan, Jembatan Kretek 2, TPR Parangtritis dan pos induk di Gabusan. "Sebagian kita akan menyatu dengan Pospam dari kepolisian dan sebagian Dishub akan mendirikan pos sendiri," ujarnya.

Sebelumnya Dishub Bantul telah menggelar ramp check beberapa bus di Terminal Palbapang dan beberapa Perusahaan Oto (PO) bus di Bantul untuk memastikan keselamatan kendaraan massal dalam arus mudik dan balik lebaran 2024. Selain itu pengecekan di armada laut dan sungai di Pantai Depok pun telah dilakukan.

Dishub Bantul pun terus berupaya melakukan perbaikan terhadap beberapa Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang rusak di wilayahnya. Selain itu koordinasi dengan beberapa pihak terkait antara lain Pemda DIY dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta pun dilakukan untuk penyediaan LPJU di jalan provinsi dan nasional menjelang lebaran 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement