Advertisement

Festival Ramadan: 3.000 Warga Kulonprogo Peroleh Paket Zakat

Triyo Handoko
Minggu, 24 Maret 2024 - 17:17 WIB
Sunartono
Festival Ramadan: 3.000 Warga Kulonprogo Peroleh Paket Zakat Penyerahan 3.048 paket zakat secara simbolis dalam gelaran Festival Ramadan yang diselenggarakanKemenag Kulonprogo, Jumat sore (22/3 - 2024) Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 3.048 warga di Bumi Binangun mendapat paket zakat dari Kemenag Kulonprogo dalam gelaran Festival Ramadan. Gelaran itu merupakan kolaborasi bersama  Baznas, Lazisnu, Lazismu, Agen Sedekah, dan Dharma Wanita Persatuan Kulonprogo.

Paket zakat dalam bentuk sembako itu dibagikan dari hasil penghimpunan lembaga yang jadi kolaborator dalam gelaran tersebut, antara lain Lazisnu, Lazismu, dan Agenda Sedekah memberikan masing-masing 500 paket, lalu Baznas 1.000 paket, dan Dharma Wanita Persatuan memberikan 48 paket. Paket sembako itu dibagikan ke warga Bumi Binangun yang membutuhkan dimana masuk kategori ekonomi bawah.

BACA JUGA : Penyaluran Zakat Menjadi Instrumen Keadilan Sosial

Advertisement

Kepala Kemenag Kulonprogo Wahib Jamil menyebut Festival Ramadan merupakan kegiatan kementeriannya yang sifatnya nasional. "Acara ini juga digelar secara serentak secara nasional dari Kemenag RI dan diikuti oleh Kanwil Kemenag Provinsi, serta Kankemenag Kabupaten/Kota se-Indonesia," ujarnya, Minggu (24/3/2024).

Festival Ramadan dibuka pada Jumat sore (22/3/2024) kemarin. "Kegiatan ini jadi medium untuk saling meningkatkan kolaborasi dalam kebaikan terutama di bulan suci Ramadan," katanya.

Paket sembako yang dibagikan di Bumi Binangun, jelas Wahib, merupakan bentuk kolaborasi bersama dan bukti potensi zakat yang dapat dimaksimalkan dalam distribusi sosial. "Tata kelola zakat ini bisa terwujud dengan baik dengan kolaborasi secara penuh tanggung jawab, tidak bisa jalan sendiri-sendiri agar berdampak signifikan bagi seluruh masyarakat," terangnya.

Secara nasional potensi zakat yang ada mencapai Rp327 triliun, sedangkan yang mampu dikelola sampai saat ini baru Rp40 triliun. "Festival Ramadan ini adalah momentum istimewa untuk meningkatkan pengelolaan zakat dan potensi nilainya yang besar," tuturnya Wakil Menteri Agama,  Saiful Ahmad Dasuki yang membuka Festival Ramadan secara virtual.

Saiful menyatakan Festival Ramadan tersebut adalah wujud sinergi dalam menghadapi masalah sosial. "Solidaritas tersebut penting dalam memperkuat nilai kebaikan agar berdampak positif," terangnya.

Festival Ramadan secara nasional, jelas Saiful, turut dibagikan sekitar 1,5 juta paket zakat di seluruh Indonesia. " Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan penyerahan sertifikat produk halal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement