Advertisement

Dorong Peningkatan Minat Baca, Pemkab Bantul Bangun Gedung Perpustakaan Tiga Lantai

Jumali
Rabu, 27 Maret 2024 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dorong Peningkatan Minat Baca, Pemkab Bantul Bangun Gedung Perpustakaan Tiga Lantai Harian Jogja/JumaliBupati Bantul Abdul Halim Muslih meletakkan batu pertama Ground Breaking Ceremony Pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul, di bekas lahan Gedung Satpol PP Bantul, Rabu (27/3 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul membangun gedung fasilitas layanan perpustakaan umum di bekas lahan Gedung Satpol PP Bantul.

Dengan dibangunnya gedung perpustakaan yang menggunakan anggaran dari Rp10 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) itu akan mampu meningkatkan literasi masyarakat.

Advertisement

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan tidak lepas dari keinginan Pemkab Bantul mendorong agar literasi dan minat baca buku masyarakat meningkat. Oleh karena itu, Pemkab memfasilitasi dengan membangunkan gedung perpustakan yang mudah diakses.

BACA JUGA: Rencana Pembangunan TPS Sementara di Srimartani Bantul Terancam Gagal

“Ini kan lokasinya di pusat kota dan mudah diakses. Gedung ini juga akan akan dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai serta menunjang kebutuhan masyarakat terkait peningkatan literasi,” kata Halim usai Ground Breaking Ceremony Pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul, Rabu (27/3/2024).

Gedung perpustakaan Bantul sendiri dibangun di atas lahan bekas gedung Satpol PP. Sedangkan bangunannya mengusung konsep modern dengan tiga lantai.

“Tujuannya, karena kami ingin mengembalikan ilmu pengetahuan sebagai basis pengembangan kemajuan kami, basis kehidupan sosial kita, agar kehidupan kita pada masa depan menjadi lebih baik," terang Halim.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Susanta, mengatakan, pembangunan gedung tiga lantai tersebut akan berjalan selama delapan bulan, dari Maret 2024 hingga November 2024.

BACA JUGA: Sejumlah Titik Jalan Rusak di Sleman Ditambal, Segini Panjang Jalannya

Untuk lantai 1, akan difokuskan untuk tempat baca anak, difabel, kantin. Untuk lantai 2 ada kantor perpustakaan, penyimpanan buku-buku naskah kuno, termasuk studio mini untuk anak-anak melihat video dongeng dan pendidikan lainnya.

“Untuk lantai 3 ada rooftop dan cafe shop, sehingga bisa diakses untuk masyarakat umum,” papar Sukrisna.

Sukrisna mengatakan, sejatinya gedung Perpustakaan Bantul telah ada. Hanya saja, gedung yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Bantul itu berdiri diatas tanah kas desa. “Sehingga tidak bisa dipoles menggunakan DAK Perpusnas. Dengan dibangun di atas tanah pemkab maka hal itu bisa dilakukan,” ucap mantan Kepala Dinas Perdagangan Bantul ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aparat Indonesia Tangkap 2 Kapal Vietnam saat Curi Ikan di Perairan Natuna

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement