Advertisement

RSUD Panembahan Senopati Bantul Kini Punya Layanan Bedah Saraf

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 28 Maret 2024 - 12:27 WIB
Ujang Hasanudin
RSUD Panembahan Senopati Bantul Kini Punya Layanan Bedah Saraf RSUD Panembahan Senopati. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kebutuhan pelayanan bedah saraf di Bantul cukup tinggi, terutama untuk penanganan korban kecelakaan. RSUD Panembahan Senopati Bantul meresmikan pelayanan bedah saraf untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, Atthobari menyampaikan tahun 2023 kecelakaan lalu lintas di Bantul mencapai 2.020 kasus, ada 129 orang di antaranya meninggal dunia. Menurutnya cedera kepala berat menjadi salah satu penyebab tingginya korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal. 

Advertisement

"Cedera kepala berat jika tidak ditangani secara cepat akan menyebabkan kematian yang cepat pula," katanya di RSUD Panembahan Senopati, Kamis (23/2024)

Sementara berdasarkan data kunjungan RSUD Panembahan Senopati Bantul pada Juli-November 2023, kasus perdarahan otak, berupa traumatik maupun nontraumatik mencapai 131 kasus, sementara kasus stroke, berupa perdarahan maupun non perdarahan menempati 10 besar penyakit rawat jalan.

Dia menambahkan selama ini RSUD Panembahan Senopati belum dapat menangani cedera kepala sedang maupun berat, karena belum memiliki spesialis bedah saraf, sehingga harus merujuk ke RS yang mempunyai layanan bedah saraf.

Dia menyampaikan layanan bedah saraf merupakan cabang kedokteran yang berkaitan dengan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit atau gangguan pada sistem saraf. 

BACA JUGA: Perhatian! Ini Perubahan Jam Pelayanan RSUD Panembahan Senopati Bantul Selama Ramadan

"Ini mencakup berbagai kondisi, mulai dari cedera tulang belakang dan otak, tumor otak, penyakit saraf degeneratif seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis, hingga kondisi neurologis lainnya seperti epilepsi dan gangguan neuromuskular," katanya. 

Beberapa layanan dalam bidang bedah saraf yang dapat ditangani RSUD Panembahan Senopati antara lain operasi tulang belakang, meliputi prosedur untuk mengobati herniasi disk, penyempitan tulang belakang (stenosis spinal), dan fraktur tulang belakang.

Kemudian, RSUD Panembahan Senopati juga bisa menangani bedah otak, termasuk operasi mengangkat tumor otak, mengurangi tekanan otak akibat pembengkakan, mengobati aneurisma, dan operasi untuk mengurangi gejala epilepsi yang tidak responsif terhadap pengobatan. 

Sekain itu, RSUD Panembahan Senopati juga memiliki pelayanan bedah peripheral nerve, bedah pengobatan penyakit saraf degeneratif, operasi trauma kepala, stimulasi saraf, bedah penatalaksanaan epilepsi dan operasi kranial dan spinal untuk kecacatan bawaan. Selain itu RSUD Panembahan Senopati juga memiliki pelayanan pengelolaan trauma saraf, dan biopsi otak dan tulang belakang.

"Layanan bedah saraf melibatkan tim medis yang terdiri dari ahli bedah saraf, neurologis, radiologis, dan terapis rehabilitasi, yang bekerja sama untuk memberikan perawatan yang optimal kepada pasien," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement