Advertisement

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Jumali
Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran Lalu lintas di Jalan Parangtritis. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rekayasa lalu lintas disiapkan oleh Polres Bantul untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di jalur wisata saat libur Lebaran.

Selain menyiapkan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional, Polres juga akan memasang papan petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas.

Advertisement

“Untuk jalur menuju Pantai Parangtritis, kami lakukan rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Nanti untuk mobil dan sepeda motor akan ada pengalihan arus di sempalan Pundong (simpang tiga Pundong di Jalan Parangtritis) jika terjadi penumpukan kendaraan bermotor di atas Jembatan Kretek I," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widyana, Jumat (29/3/2024).

BACA JUGA: Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Sedangkan untuk bus dan kendaraan besar, Jeffry mengatakan tetap melalui Jalan Parangtritis. Selain itu, untuk mengatasi wisatawan agar tidak kebingungan, Polres Bantul akan memasang petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas dan menempatkan beberapa petugas jaga di Jalan Parangtritis.

Tak sampai disitu, Jeffry mengaku pihaknya sudah menyiapkan tim pengurai kemacetan yang akan ditempatkan di simpang 3 Jembatan Kretek I.

“Karena disana merupakan jalur rawan kepadatan arus. Nantinya tim pengurai akan bekerja untuk mengurai kepadatan arus disana,” imbuh Jeffry.

Jeffry mengungkapkan, pengaturan lalu lintas juga akan dilakukan untuk arah menuju kawasan wisata Mangunan. Bus hanya boleh melewati jalur Imogiri-Terong dan Patuk-Dlingo. Sementara jalur Imogiri-Dlingo (turun dari Dlingo) hanya boleh dilalui mobil dan motor. Untuk jalur Cinomati, Jeffry mengaku pihaknya aman menutup jalur tersebut untuk wisatawan.

“Untuk bus, kami larang turun lewat jalur tersebut. Untuk bus, dari Dlingo kami arahkan ke jalur Dlingo-Patuk,” ungkap Jeffry.

Sementara untuk reyasa lalu lintas untuk Jalan Wonosari, Jeffry menyatakan jika terjadi antrean panjang kendaraan di simpang Ketandan maka pengaturan lalu lintas akan dilakukan secara manual oleh petugas.

Di mana, tim urai kemacetan yang disiagakan di simpang Wiyoro juga akan dioptimalkan mengurai dan mengatur kemacetan di Jalan Wonosari.

“Untuk simpang empat Kids Fun dan simpang empat Wiyoro, kami juga akan pasang tiang bambu yang dibawahnya dicof semen, agar tidak ada yang menyebrang di lokasi tersebut,” papar Jeffry.

Untuk pengaturan lalu lintas di Bukit Bintang, Jeffry mengaku Polres telah menyiapkan tim patroli. Tim ini nanti akan bertugas untuk mengurai jika ada penumpukan kendaraan di bahu jalan.

“Mereka akan aktif mengingatkan dan mengimbau agar pengguna jalan tidak berhenti maupun parkir di bahu jalan. Dengan begitu, kemungkinan kemacetan akan bisa diminimalisasi,” ucap Jeffry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement