Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka untuk Arus Mudik Lebaran 2024 Mulai 5 April 2024, Ini Kecepatan Maksimal Mobil Melintas

Sunartono
Minggu, 31 Maret 2024 - 08:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka untuk Arus Mudik Lebaran 2024 Mulai 5 April 2024, Ini Kecepatan Maksimal Mobil Melintas Jalan tol Jogja-Solo akan dibuka secara fungsional untuk mudik Lebaran 2024. Pengelola tol Jogja-Solo membuat sejumlah ketentuan kendaraan boleh melintas di tol tersebut. - Pemprov Jateng.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalan tol Jogja-Solo akan dibuka secara fungsional untuk mudik Lebaran 2024. Pengelola tol Jogja-Solo membuat sejumlah ketentuan kendaraan boleh melintas di tol tersebut.

Jalan tol Solo-Yogyakarta ruas tol Kartasura Sukoharjo-Ngawen Klaten, siap dilalui pengguna jalan saat arus mudik Lebaran nanti. Jalan itu dibuka secara fungsional untuk perjalanan mudik balik Lebaran 2024.

Advertisement

Manajer Humas dan Umum PT Jasamarga Jogja Solo Rachmat Jesiman memastikan akan membuka tol secara fungsional saat arus mudik nanti. Operasional tol secara fungsional sepanjang 22 kilometer dari Kartasura (Sukoharjo) sampai Ngawen (Klaten).

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya

"Tol fungsional mulai dilakukan pada 5-11 April 2024 untuk arus mudik. Kemudian, pada 12-15 April 2024 untuk arus balik. Waktu fungsional tol mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB," katanya sebagaimana dikutip laman resmi Pemrov Jateng.

Pengelola membatasi kecepatan kendaraan saat melaju di tol Jogja-Solo, yaitu 40-50 kilometer per jam dengan alasan proyek tol tersebut masih dalam tahap konstruksi. Secara keseluruhan, kesiapan tol dalam menghadapi fungsional mencapai 85 persen.

"Untuk Lebaran kali ini secara fungsional, kendaraan yang melalui tol masih gratis dalam pelayanannya,” katanya.

Selama operasional Tol Jogja-Solo, pengelola akan menyiagakan beberapa kendaraan petugas untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pemudik saat melintasi tol Jogja-Solo, yaitu pemudik bisa menikmati pemandangan, serta mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

“Kalau lewat arteri Kartasura ke Klaten bisa sampai 50 menit, tapi kalau lewat tol fungsional bisa 25 menit. Jadi bisa terpangkas 25 menit,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada pemudik, untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum melintasi tol Jogja-Solo. Selain juga menjaga stamina diri, tetap taati arus lalu lintas dan ikuti arahan petugas.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo: Ini Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2024 ke Gunungkidul dari Exit Toll Kuncen Ceper Klaten

“Pemudik yang ingin berhenti sudah disiapkan rest area di kilometer 19. Pemudik bisa berhenti di sana. Dengan waktu istirahat [dibatasi] 30 menit di rest area,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement