Advertisement

Tol Jogja-Solo: Ini Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2024 ke Gunungkidul dari Exit Toll Kuncen Ceper Klaten

Sunartono
Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:17 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo: Ini Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2024 ke Gunungkidul dari Exit Toll Kuncen Ceper Klaten Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka pada (22/12) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz. \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ruas jalan Tol Jogja-Solo akan dioperasikan secara gratis pada Mudik Lebaran 2024. Ruas tol ini akan dibuka lebih panjang dibandingkan saat Natal 2023 lalu.

Para pemudik untuk tujuan wilayah DIY diprediksi akan memanfaatkan ruas tol ini untuk melakoni perjalanan selama arus mudik maupun balik. Kepastian akan dioperasikannya tol Jogja-Solo untuk mudik Lebaran 2024 ini disampaikan melalui akun Instagram @Jasamargajogjasolo. Jalur fungsional tol Jogja-Solo yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan tahap I jalan tol ini, yaitu segmen ruas Kartasura-Klaten.

Advertisement

Panjang ruas tol pun ditambah dibandingkan saat operasional pada Nataru 2023 lalu. Dari sebelumnya hanya sampai exit toll Karanganom atau Kuncen Ceper, pada Lebaran 2024 akan sampai di exit toll Klaten atau Karangawen.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya

Salah satu tujuan pemudik yang diprediksi akan banyak menggunakan moda transportasi kendaraan pribadi diprediksi berasal dari Gunungkidul. Sebagaimana diketahui Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten di DIY dengan jumlah perantau sangat tinggi, khususnya berada di wilayah Jabodetabek.

Keberadaan ruas jalan Tol Jogja-Solo ini akan memangkas waktu lebih cepat para perantau untuk tujuan Gunungkidul. Mereka tak perlu lagi melewati Jogja maupun kawasan tanjakan Piyungan-Patuk yang terkenal dengan macetnya.

Para pemudik tujuan Gunungkidul yang menggunakan kendaraan pribadi bisa lewat Tol Trans Jawa di antaranya Batang-Semarang hingga Semarang-Solo. Setibanya di ruas Semarang-Solo langsung berbelok mengambil simpang susun Kartasura dan mengarah masuk ke Tol Jogja-Solo yang dioperasikan fungsional.

Setelah masuk di ruas Kartasura-Klaten, pemudik bisa menempuh perjalanan sekitar 13 kilometer, nanti keluar melalui exit toll Karanganom yang terletak di Kuncen, Kecamatan Ceper Klaten. Exit Toll ini terhubung langsung dengan jalan Jogja-Solo.

Setelah sampai di pertigaan exit toll Ceper dan Jalan Jogja-Solo selanjutnya mengambil jalur ke kanan atau arah ke Jogja sekitar 300 meter sampai di pertigaan Ceper. Kemudian mengambil jalur ke aah Stasiun Ceper atau ke kiri di Jalan Ceper-Besole.

Pemudik dari tol Jogja-Solo tersebut akan melewati Stasiun Ceper terus lurus ke selatan sampai di Perempatan Cepet ke kiri arah Lapangan Gelora Pedan Merdeka. Kemudian mengambil jalan Pedan-Cawas yang mengarah ke RSU Islam Cawas lurus ke selatan hingga menemukan pertigaan.

Tanjakan

Setibanya di pertigaan ada dua pilihan jalur ke kanan dan ke kiri yang sebenarnya sama-sama bisa mengarah ke Gunungkidul. Akan tetapi lebih disarankan untuk mengambil ke kiri di mana jalur ini akan melewati tanjakan Sambeng. Adapun jalur ke kanan tidak direkomendasikan untuk pemudik kendaraan roda empat yang tidak menguasai medan, karena harus melewati tanjakan Bundelan yang kemiringannya lumayan tajam.

BACA JUGA : Pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Tambal Jalan di Ring Road untuk Kelancaran Mudik

Jika memilih ke kiri atau arah Bayat tersebut dengan jalur relatif aman, pemudik akan menjumpai pertigaan Bulu yang terletak di Dusun Bulu Desa Tegalrejo, Bayat, Klaten. Kemudian berbelok ke kanan atau mengambil arah ke Sambeng, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul. Pemudik akan melewati gapura perbatasan dengan Klaten, Jawa Tengah di Padukuhan Jentir, Sambirejo, Ngawen hingga ke tanjakan Sambeng yang relatif landai dibandingkan tanjakan bundelan yang terletak di Desa Tancep, Ngawen di sisi barat.

Saat memasuki Pedukuhan Jentir Sambirejo berada sudah memasuki wilayah Gunungkidul sisi timur. Perjalanan tinggal menyesuaikan tujuan pemudik. Jalur alternatif tersebut tergolong tercepat untuk menuju Gunungkidul setelah melewati jalan Tol Jogja-Solo. Selamat mudik bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement