Advertisement

Penyelesaian Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Diprediksi Molor, Ini Penyebabnya

Catur Dwi Janati
Senin, 01 April 2024 - 23:47 WIB
Sunartono
Penyelesaian Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Diprediksi Molor, Ini Penyebabnya Alat berat membongkar bangunan rumah warga saat eksekusi lahan kena proyek jalan tol Jogja-Solo di Desa Pepe, Kecamatan Ngawen, Klaten, Rabu (10/5/2023) - Solopos/Taufiq Sidik Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penyelesaian proyek Tol Jogja-Solo ruas Kartasuro-Purwomartani atau Klaten-Purwomartani diprediksi molor dari 2024 ke 2025. Keterlambatan penetapan lokasi (penlok) disebut-sebut jadi aspek yang membikin penyelesaian jalan tol ruas Kartasuro-Purwomartani ini molor. Padahal secara konstruksi, pengembang tidak menemui adanya kendala di lapangan.

Manajer Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jasiman mengungkapkan secara garis besar tidak ada kendala yang ditemui dalam penggarapan konstruksi di ruas tol penyambung wilayah Jawa Tengah dan DIY tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Lebaran 2024, Tol Jogja-Solo Fungsional Mulai Beroperasi 5 April

"Setahu saya belum ada [kendala], cuma memang kebetulan ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu," ujar Rachmat pada Senin (1/4/2024).

Baik cuaca hingga struktur tanah di area penggarapan tol tidak menjadi kendala selama proses konstruksi. "Unsur cuaca dan struktur tanah tidak ada masalah, ini juga masih terus berjalan," ungkapnya. 

Adapun proses pembebasan lahan pun juga nyaris tuntas. Hanya beberapa bidang saja yang belum dibebaskan dan jumlahnya minim. "Masih ada sisa, iya [tapi minim]," ujarnya  

Kendala yang membuat rampungnya proyek ini diperkirakan molor tak lain disebabkan keterlambatan penlok. Dampaknya penyelesaian proyek jalan bebas hambatan yang membentang senang 42,38 kilometer dari Kartasuro hingga Purwomartani ini terancam molor.  

"Ya salah satunya itu sih [keterlambatan penlok] yang selebihnya tidak ada [kendala]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement