Advertisement

Jelang Lebaran, Warga Jogja Diimbau untuk Tidak Belanja Kebutuhan Pokok Berlebihan

Newswire
Selasa, 02 April 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Jelang Lebaran, Warga Jogja Diimbau untuk Tidak Belanja Kebutuhan Pokok Berlebihan Bahan kebutuhan pokok dijual di pasar tradisional Kota Jogja, DIY. Antara - Eka AR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Kota Jogja dimintau untuk tidak belanja bahan kebutuhan pokok dalam jumlah berlebihan menjelang Lebaran 2024. Pemkot Jogja menjamin stok bahan pangan aman jumlahnya di pasaran.  

"Jangan terlalu banyak memborong atau panic buying karena kalau ada permintaan yang meningkat, harganya pasti juga akan tinggi," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja Veronika Ambar Ismuwardani dalam keterangan tertulis, di Jogja, DIY, Selasa (2/4/2024).

Advertisement

Dia berharap masyarakat bijak dalam berbelanja selama Ramadan hingga menjelang Lebaran mendatang karena stok bahan pangan di Kota Jogja aman serta mencukupi, meski beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan harga.

BACA JUGA: Mudik ke DIY? Waspadai Ruas Jalan Rawan Longsor, Rawan Banjir dan Berlubang Ini

"Berdasarkan hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Jogja, dari skema stok yang ada kami sudah melihat dan mendapatkan informasi ketersediaan bahan pangan selama Ramadan dan Lebaran relatif stabil, baik itu di pasar rakyat maupun ritel modern," ujar dia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jogja Mainil Asni menyebut harga berbagai komoditas pokok pada Maret 2024 di wilayah ini menunjukkan kenaikan dengan tingkat inflasi secara bulanan sebesar 0,57% setelah bulan sebelumnya berada di angka 0,33%.

Kenaikan tersebut, kata dia, paling besar dipengaruhi oleh beberapa komoditas di antaranya makanan, minuman, dan tembakau; disusul pakaian dan alas kaki; serta kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga.

"Kelompok pengeluaran yang turut andil sebesar 1,60% dalam inflasi month to month pada bulan Maret 2024 adalah komoditas beras, daging ayam ras, telur ayam ras, beberapa jenis buah dan sayur, bawang merah, sigaret kretek tangan dan mesin," kata Mainil. Sementara itu, komoditas yang memberikan sumbangan deflasi antara lain cabai merah, cabai rawit, dan angkutan udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement