Advertisement

Berikut Agenda Wisata Jogja Selama April 2024, Bisa Jadi Alternatif Liburan Lebaran

Ujang Hasanudin
Rabu, 03 April 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
Berikut Agenda Wisata Jogja Selama April 2024, Bisa Jadi Alternatif Liburan Lebaran Arsip-Warga dan wisatawan berebut beragam sesaiji yang terdapat pada gunungan dalam upacara tradisi Garebeg Sawal tahun Dal 1951 di halaman Masjid Gedhe Kauman, Keraton Ngayogyakarta, Jogja, Jumat (15/062/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Setiap musim liburan wilayah ini dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah, termasuk libur lebaran.

Jogja jadi tujuan wiatawan karena selain harga makanan murah, Jogja memiliki destinasi wiata yang lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, seni, tradisi, sejarah, pendidikan, kuliner hingga hiburan modern.

Advertisement

Bagi Anda yang tengah berlibur atau merencanakan liburan Lebaran 2024 di jogja dan sekitarnya, berikut agenda wisata yang bisa dinikmati pada April 2024 ini:

Numplak Wajik

Numplak Wajik merupakan upacara yang menandai dimulainya proses merangkai gunungan, simbol sedekah raja kepada rakyat. Nantinya, gunungan tersebut akan diarak dan dibagikan kepada warga pada upacara Garebeg. 

Dalam setahun Keraton Yogyakarta menggelar tiga kali upacara GarebegGarebeg Mulud untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad, Garebeg Sawal menandai akhir bulan puasa, dan Garebeg Besar untuk memperingati hari raya Idul Adha. Karena dalam setiap Garebeg tersebut keraton selalu mengeluarkan gunungan untuk dibagikan, maka dalam setahun tiga kali pula Keraton Jogja menggelar upacara Numplak Wajik.

Numplak Wajik diadakan tanggal 8 April 2024 di Bangsal Paredenen Kraton

Grebek Syawal

Grebek Syawal merupakan tardisi tahunan yang dilakukan oleh Kraton Jogja setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh. Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur yang ditandai dengan tujuh gunungan hasil bumi. Gunungan akan diarak dari Alun-alun Utara menuju ke Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan Kantor Kepatihan. Gunungan yang telah diserahterimakan dan didoakan kemudian akan diperebutkan oleh masyarakat.

Grebek Syawal dilaksanakan 11 April 2024

Jogja Trade Market

Jogja Trade Market (JTM Fest) adalah salah satu event thrift terbesar di Indonesia yang dilaksanakan di Yogyakarta dengan berbagai rangkaian acara yang terdiri dari garage sale atau bazaar dan Jogja Jamming.

Digelar di JEC pada 3-7 April 2024

Festival Kuliner Lembah Code Prawirotaman

Digelar aman Pewira Lembah Code Prawirotaman 5 April 2024

Bakda Mangiran

Bakda Mangiran merupakan upacara adat tradisi yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Raya Idulfitri dan dilaksanakan. Puncak acara adat tradisi Bakda Mangiran rencananya akan mengambil tempat di Pendapa Atmorejo, Mangiran, Trimurti, Srandakan pada 12 April 2024

Lomba Lari Mbok Mlayu

Mbok Mlayu Mbok Mlayu adalah sebuah event lari, terkhusus untuk perempuan dari berbagai kalangan dan latar usia. Karena, semua perempuan berhak sehat dan bahagia. Lomba lari ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kartini 21 April 2024 dengan start-finish Alun-Alun Sewandanan, Pura Pakualaman, Pukul 05.30-10.00 WIB

Kami ingin mengkreasi event yang baik, menarik dan tentu membawa dampak positif bagi teman-teman perempuan di manapun berada. Kali ini melalui olahraga lari, yang memang sedang digemari dengan segmentasi pecinta dari berbagai kalangan.

Ramadhan Delight

2-14 April 2024 di pakuwon mall

Pekan Ramadhan Expo

2-14 April 2024 di Plaza Ambarukmo

Pekan Hobi Malioboro

17-21 April do Plaza Malioboro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement