Advertisement

PMI DIY Siagakan 20 Pos Pelayanan dan Ambulans Selama Libur Lebaran 2024, Cek Lokasinya di Sini

Abdul Hamied Razak
Senin, 08 April 2024 - 07:27 WIB
Abdul Hamied Razak
PMI DIY Siagakan 20 Pos Pelayanan dan Ambulans Selama Libur Lebaran 2024, Cek Lokasinya di Sini KGPAA Paku Alam X, Dewan Kehormatan PMI DIY sekaligus Wakil Gubernur DIY bersama dengan Ketua PMI DIY, jajaran pengurus, dan beberapa instansi mitra melakukan monitoring pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama, Minggu (7/4/2024 ) ist - pmidiy

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyiapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di wilayah DIY selama mudik Lebaran 2024.

Ketua PMI DIY GBPH. Prabukusumo mengatakan untuk mendukung keberadaan 20 posko tersebut sebanyak 919 personel, 21 ambulans, 6 motor ambulans first responder, dan 2 motor trail juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan lebaran tahun 2024.

Advertisement

“Kami menyiagakan personel PMI berlatar belakang medis seperti dokter, perawat, bidan, juga relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan lebaran di DIY," kata Gusti Prabu saat menerima Dewan Kehormatan PMI DIY KGPAA Paku Alam X saat melakukan monitoring pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama, Minggu (7/4/2024).

BACA JUGA: Telantar 3 Hari, Pemudik di Pelabuhan Jangkar Diangkut Kapal Kemenhub

Para petugas, lanjut Gusti Prabu, akan bertugas selama 24 jam dalam 3 shift perhari. Mereka bertugas mulai H-7 dan H+7 lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI Kabupaten dan Kota. Ambulans yang disiagakan adalah ambulans transport, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor.

“PMI DIY memiliki 6 ambulans motor first responder di masing-masing Pos Markas PMI DIY dan Kabupaten/Kota. Motor ambulans ini efektif dalam penanganan kegawatdaruratan apalagi saat situasi padat dan ramai," katanya.

Begitu ada kedaruratan, lanjut Gusti Prabu, maka tim motor akan luncurkan terlebih dahulu untuk menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan. Selain itu, PMI juga tetap menyiagakan personel dan armada untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya.

“Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan berkeliling ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul. Begitu juga ke tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti malam takbiran dan sholat Idulfitri," paparnya.

Selain itu, sambung Gusti Prabu, PMI DIY juga akan mengerahkan 20 personel dan 4 ambulans gabungan PMI DIY dan PMI Kota Yogyakarta saat Hajad Dalem Garebeg Sawal 1957 Jimawal/2024 Masehi di Masjid Gede Kauman, Kamandungan, Magangan, Pelataran Keben, Pakualaman, Kepatihan, dan Mangkubumen bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Satlinmas Rescue Istimewa DIY, dan Pramuka pada 11 April 2024.

PMI DIY membuka 1 Posko di Markas PMI DIY, Gamping, Sleman bekerja sama dengan Poltekes Kemenkes Yogyakarta, Universitas Achmad Yani (Unjani), dan PMI Kecamatan Gamping. Posko PMI DIY menyediakan layanan pertolongan pertama dan ambulans serta pusat data dan informasi, pemeriksaan kesehatan dasar, dan menyediakan tempat istirahat.

Personel yang dikerahkan dari medis dokter, perawat Klinik Pratama, Klinik Dialisis, serta personel yang memiliki latar belakang pertolongan pertama. Posko akan beroperasi pada tanggal 6 sampai dengan 15 April 2024 dengan layanan panggilan darurat melalui 0274 501 2949 (telepon dan WhatsApp (WA)).

Sementara itu, PMI Kota Yogyakarta akan membuka 3 Posko yakni di Markas PMI Kota Yogyakarta, Terminal Giwangan, dan Gembira Loka. Semua Pos PMI Kota Yogyakarta akan beroperasi mulai 7 sampai dengan 14 April 2024 kecuali Pos Gembira Loka pada 11 sampai dengan 14 April 2024. Layanan panggilan darurat untuk PMI Kota Yogyakarta melalui nomor 0274 372176 dan 0811 2979 398.

PMI Kabupaten Sleman menyediakan Posko Pelayanan Terpadu Pertolongan Pertama dan ambulans di Markas PMI Kabupaten Sleman dengan dukungan 7 Pos dari PMI Kecamatan di antaranya Pakem, Turi, Ngemplak, Depok, Sleman, Moyudan, dan Godean. Semua Posko akan beroperasi mulai H-7 dan H+7 lebaran.

Personel juga disiagakan untuk berkeliling mengantisipasi kejadian kedaruratan pada saat malam takbiran dan lokasi wisata di seputaran wilayah Sleman. Layanan panggilan darurat PMI Kabupaten Sleman melalui 0274 868 900 dan 0851 6113 1368.

Selanjutnya, PMI Kabupaten Bantul akan membuka 3 Pos di Markas PMI Kabupaten Bantul, Pos Madukismo, dan Pos Sedayu yang dikelola terpadu oleh PMI Kecamatan Sedayu dan instansi di wilayah Sedayu. Semua Posko akan dibuka pada 7 sampai dengan 14 April 2024.

Selain itu juga akan berkeliling ke lokasi wisata di seputaran Kabupaten Bantul. Layanan panggilan darurat PMI Kabupaten Bantul melalui nomor 0274 367 987 dan 0811 294 8118.

Sementara, PMI Kabupaten Kulon Progo membuka dua pos di Markas PMI Kabupaten Kulon Progo dan Pos Jembatan Timbang Kulwaru. Masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu PMI Kabupaten Kulon Progo yang bekerja sama dengan UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru, Kulon Progo.

Posko ini merupakan rest area tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, check kesehatan dasar, tambal ban (bengkel sederhana). Layanan darurat PMI Kabupaten Kulon Progo melalui 0274 7724533 dan 0813 2886 1118 (WA).

Sedangkan PMI Kabupaten Gunungkidul membuka 3 Pos yakni di Markas PMI Kabupaten Gunungkidul, Depan Balai Kalurahan Gading Playen, dan Pos Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Ngoro-oro Patuk, Gunungkidul. Semua Pos akan beroperasi mulai 7 sampai dengan 14 April 2024.

Selain itu personel dengan ambulans juga akan berkeliling ke tempat wisata Pantai Selatan Gunungkidul. Layanan darurat PMI Kabupaten Gunungkidul melalui nomor 0274 391 118 dan 0811 265 3118.

Gusti Prabu mengapresiasi Relawan PMI yang bertugas di lapangan melayani masyarakat. “Mereka adalah garda terdepan dan jantungnya PMI. Penghargaan dan apresiasi yang tinggi kami haturkan untuk para relawan yang bekerja dengan sukarela mengabdikan diri untuk kemanusiaan,” ungkap Gusti Prabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement