Advertisement

Pawai Takbir Keliling Digelar di Titik Nol Kilometer Jogja, Sambut Hari Raya Idulfitri 2024

Alfi Annisa Karin
Senin, 08 April 2024 - 21:57 WIB
Sunartono
Pawai Takbir Keliling Digelar di Titik Nol Kilometer Jogja, Sambut Hari Raya Idulfitri 2024 Kegiatan Gema Takbir Jogja 2023 / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Takbir keliling menyambut Hari Raya Idulfitri akan digelar di sejumlah tempat di Kota Jogja pada Selasa (9/42024). Kegiatan ini merupakan pawai takbir keliling. Kali ini, Gema Takbir Jogja akan dimeriahkan oleh 11 tim masjid atau angkatan muda Muhammadiyah di Kota Jogja.

Tim yang terdiri dari 60-100 anggota itu akan unjuk kebolehan dan karya maskot. Selanjutnya akan dilombakan dan memperebutkan Piala Sri Sultan HB X.

Advertisement

BACA JUGA : Lokasi Salat Idulfitri di Gunungkidul Tersebar di 17 Kapanewon

Ketua Panitia Gema Takbir Jogja 2024 Muhammad Arvin Ramdhan Fadhila menuturkan kegiatan ini akan dipusatkan di Pelataran Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Peserta akan menampilkan hasil karyanya. Selanjutnya, para peserta akan menempuh perjalanan menuju kawasan Titik Nol Kilometer Jogja untuk melakoni display kedua.

"Masyarakat yang hendak menyaksikan pertunjukan peserta, silakan langsung merapat di Pelataran Masjid Gedhe Kauman atau di kawasan Titik Nol Kilometer, tepatnya di Jalan Trikora, depan Museum Sonobudoyo," ujar Arvin.

Tahun ini, Gema Takbir Jogja mengusung tema 'Semarak Takbir Menjalin Persaudaraan'. Tema ini berangkat dari keresahan akan potensi peceh belah antar warga masyarakat akhir-akhir ini. Melalui kegiatan ini, Arvin berharap silaturahmi antar masyarakat bisa kembali terjalin erat utamanya menjelang Idul Fitri ini.

"Terutama, setelah berbagai polemik di awal 2024, buntut perbedaan pilihan politik dan lain-lain. Jadi, yang terpenting bukan siapa yang menang dan siapa kalah, tapi bagaimana silaturahmi bisa senantiasa terjalin," katanya.

Arvin mengatakan peserta nantinya akan melewati rute Pelataran Masjid Gedhe Kauman, ke Jalan Trikora, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Nyai Ahmad Dahlan, Jalan Kauman, hingga berakhir di Regol Masjid Gedhe Kauman. Even religi ini akan turut menampilkan perpaduan seni dan budaya lewat atraksi yang menghibur. Gema Takbir Jogja 2024 akan dimulai pukul 19.30 WIB di Pelataran Masjid Gedhe Kauman.

BACA JUGA : Semakin Dekat Idulfitri, Ini Jadwal Azan Magrib dan Buka Puasa Jogja Senin, 8 April

"Antusiasme peserta luar biasa besar. Harapan kami, GTJ 2024 bisa menyemarakkan malam takbiran di pusat Kota Jogja," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Kritisi RUU Penyiaran, Utamanya Larangan Jurnalisme Investigasi

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement