Advertisement

Wisatawan Kulonprogo Melonjak, Pengamanan Ditingkatkan

Triyo Handoko
Minggu, 14 April 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Wisatawan Kulonprogo Melonjak, Pengamanan Ditingkatkan Suasana keramaianPantai Glagah oleh wisatawan yang didominasi rombongan keluarga dari luar daerah, Minggu (14/4 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pengunjung objek wisata favorit di Kulonprogo pada libur Lebaran mengalami lonjakan. Dari sejumlah objek wisata, Pantai Glagah dan Waduk Sermo menjadi yang paling banyak dikunjungi pelancong.

Wisatawan di Pantai Glagah tercatat sudah mencapai puluhan ribu orang. Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah mencatat pada Sabtu (13/4/2024) ada sekitar 13.000 wisatawan. Sedangkan pada Jumat (12/4/2024) terdapat sekitar 10.000 orang; Kamis (11/4/2024) ada 8.900 wisatawan; dan pada Minggu (14/4/2024) hingga siang hari terdapat sekitar 8.000 wisatawan.

Advertisement

Lonjakan jumlah pengunjung Pantai Glagah itu pun sudah diantisipasi oleh Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo dengan meningkatkan intensitas penjagaan.

Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko menjelaskan hingga Minggu siang tidak ada kecelakaan laut di seluruh wilayah Bumi Binangun. "Jumlah wisatawan juga tak sebanyak tahun sebelumnya jika dari pantauan kami, tahun lalu puncak libur Lebaran itu ada sekitar 15 ribu wisatawan dalam satu hari," kata dia.

Aris menyebut lebih sedikitnya wisatawan juga memudahkan pihaknya melakukan pengamanan. "Tidak ada kendala berarti, sebagian besar wisatawan juga mentaati arahan kami, semuanya terjaga aman," katanya.

Turunnya jumlah wisatawan juga diamini seorang pedagang di Pantai Glagah, Sri Widiarti yang disebutnya lebih banyak pada Lebaran 2023. "Memang ramai tetapi tidak sebanyak tahun lalu, omzet juga hampir sama sehari paling ramai kemarin dapat Rp1 juta," ujarnya.

Padahal Sri berharap wisatawan lebih ramai dari sebelumnya untuk menutup minimnya omzet pada hari biasa. "Tetapi semoga masih ramai setelah ini, anak sekolah juga masih libur semoga besok-besok tetap ramai lagi," tuturnya.

BACA JUGA: Libur Lebaran 2024, Dispar Kulonprogo Bentuk Timsus Awasi Pelaku Usaha Pariwisata

Kebanyakan wisatawan di Pantai Glagah, menurut Sri, adalah rombongan keluarga. "Kebanyakan ini wisatawan luar daerah dari rombongan keluarga," ucapnya.

Waduk Sermo

Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan juga dialami di Waduk Sermo dibanding hari biasa. Puncak kunjungan wisatawan di sana pada Jumat (12/4/2024) kemarin dengan jumlah 854 orang.

Salah satu petugas TPR Waduk Sermo, Pujo menyebut sejak Jumat kemarin jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat itu di atas 500 orang. "Biasanya hanya 200an wisatawan saja," terangnya.

Wisatawan di Waduk Sermo tercatat pada Sabtu kemarin terdapat 712 orang. Lalu pada Minggu (14/4/2024) hingga siang hari tercatat ada 402 wisatawan. "Semoga terus ramai, karena kalau sudah masuk hari biasa biasanya dibawah 100 pengunjung per hari."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN Baru Mencapai 15 Persen Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement