Advertisement

Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Petugas Damkarmat di Warung Makan di Bantul

Jumali
Rabu, 17 April 2024 - 09:57 WIB
Ujang Hasanudin
Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Petugas Damkarmat di Warung Makan di Bantul Petugas Damkarmat BPBD Bantul saat mengevakuasi ular sanca, Rabu (17/4/2024) - BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Petugas dari Damkarmat BPBD Bantul berhasil mengamankan seekor ular sanca sepanjang 2,5 meter di sebuah warung makan di Jalan Gatak, Tamantirto, Kasihan, Bantul, pada Rabu (17/4/2024) pagi. Ular tersebut diamankan karena dinilai membahayakan warga masyarakat.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan, ular tersebut diamankan berdasarkan laporan dari Ibnu Azis, warga sekitar lokasi penemuan ular. Saat itu, salah satu warga Edo, mendengar suara bekosan ular dari kamar mandi.

Advertisement

“Setelah dicek ternyata ada ular sanca yang berukuran besar. Diduga muncul dari lubang saluran air pembangunan yang terhubung ke selokan,” kata Irawan.

Atas kejadian itu, Ibnu Azis pun melaporkan kejadian itu ke Damkarmat BPBD Bantul. Petugas Damkarmat BPBD Bantul yang mendapatkan laporan langsung bergerak dan mengevakuasi ular tersebut. “Empat petugas bergerak dan berhasil mengamankan ular tersebut,” papar Irawan.

BACA JUGA: Ngeri! Puluhan Ular Masuk Perumahan Warga Gunungkidul

Irawan memperkirakan faktor cuaca memengaruhi munculnya ular sanca tersebut. Selain itu, ular sanca tersebut diduga lapar dan hendak mencari mangsa.

“Untuk penyebab bisa jadi karena cuaca yg lembab panas dan juga mencari mangsa,” kata Irawan.

Lebih lanjut, Irawan mengungkapkan, selama Maret 2024, pihaknya juga telah mengamankan ular di 33 titik. Selain itu, ada  penanganan sarang tawon di 83 titik, penyelamatan kucing di 6 titik dan biawak di 13 titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Naik ke Level Awas, Masyarakat Diimbau Evakuasi

News
| Selasa, 30 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement