Advertisement

Dorong Inovasi UMKM, Dinkop UKM Sleman Selenggarakan Penghargaan Nata Sembada

Catur Dwi Janati
Rabu, 17 April 2024 - 23:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dorong Inovasi UMKM, Dinkop UKM Sleman Selenggarakan Penghargaan Nata Sembada Suasana sosialisasi penghargaan Nata Semabada pada Rabu (17/4/2024) di Prima SR Hotel and Convention. - Istimewa / Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sleman bakal menyelenggarakan Penghargaan Nata Sembada yang merupakan apresiasi kepada Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kalurahan. Gelaran ini tak hanya diharapkan memicu UMKM untuk terus berinovasi, tetapi juga menjadi wadah untuk evaluasi UMKM.

Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tina Hastani menjelaskan penghargaan Nata Sembada bukan sekadar evaluasi, melainkan juga wujud pembinaan dari Dinas Koperasi dan UKM Sleman terhadap keberadaan Forkom UMKM. Baik itu keberadaan Forkom UMKM di tingkat Kabupaten, Kapanewon, maupun Kalurahan.

Advertisement

Agenda ini disebut Tina merupakan penghargaan yang pertama kali dilaksanakan di 2024 dan ditujukan sebagai apresiasi kinerja bagi pengurus Forkom tingkat Kalurahan. Rangkaian penghargaan akan dilaksanakan dari 22 April sampai 4 Juni mendatang.

"Untuk penyerahan penghargaan nanti di bulan Juli bersamaan dengan penyerahan apresiasi Kalurahan Inovatif," kata Tina pada Rabu (17/4/2024) di Prima SR Hotel and Convention.

Baca Juga

Belum Semua UMKM di Sleman Memiliki Sertifikat Halal, Biaya Pengurusan Jadi Kendala

Kemampuan Digital Pelaku UMKM di Sleman Terus Ditingkatkan

Lawson Gandeng Tujuh Produk UMKM Untuk Dipasarkan di Seluruh Gerai Sleman

Tina melanjutkan penghargaan Nata Sembada bakal diselenggarakan dengan dua skema. Skema tersebut mencakup penilaian oleh tim Dinas Koperasi dan UKM Sleman dan penilaian oleh tim UGM serta Satuasa. Tina berharap acara ini dapat mendorong semua Kalurahan untuk selalu berinovasi dalam beragam kegiatan termasuk di sektor UMKM.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan penghargaan Nata Sembada merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan Forkom UMKM Kalurahan. Diharapkan Kustini, penghargaan ini dapat membuat UMKM Sleman semakin tergerak untuk berinovasi dan memberikan dampak yang lebih luas.

"Saya harap kegiatan ini juga dapat sekaligus melahirkan pionir-pionir baru. Sehingga yang belum tahu menjadi tahu, dan semakin banyak inovasi yang dihasilkan Forkom UMKM Kalurahan di Kabupaten Sleman," ujar Kustini.

Pada aspek penilaian, Kustini meminta agar tim penilai dapat memberikan masukkan kepada Forkom UMKM Kalurahan. Harapannya, masukan-masukan dari para ahli dan praktisi bisa menjadi pembelajaran UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement