Advertisement

Eko Suwanto: Rakyat Berdoa MK Kabulkan Gugatan dan Penuhi Rasa Keadilan

Media Digital
Senin, 22 April 2024 - 11:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Eko Suwanto: Rakyat Berdoa MK Kabulkan Gugatan dan Penuhi Rasa Keadilan Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Eko Suwanto. - Ist

Advertisement

JOGJA—Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan memberikan putusan yang memenuhi rasa keadilan dan harapan publik dalam proses peradilan gugatan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dalam sengketa Pilpres 2024.

Pernyataan ini ditegaskan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta yang juga Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta dalam Halal Bi Halal dan Rapat DPC PDI Perjuangan Yogyakarta, Sabtu (20/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Link Live Streaming Sidang Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi Hari Ini

"Rakyat berharap dan berdoa semoga Majelis Hakim MK menerima seluruh permohonan gugatan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dan memerintahkan pemilihan umum ulang tanpa keterlibatan Gibran [Rakabuming Raka], yang nyata diterima menjadi Cawapres setelah terjadi Pelanggaran Etik Ketua MK dengan Putusan 90 sesuai Vonis MKMK dan diterimanya pendaftaran oleh KPU yang juga melanggar etik sesuai vonis DKPP," kata politisi muda PDI Perjuangan ini.

Seperti diketahui, Ketua MK saat itu, Anwar Usman membuat keputusan yang memberi ruang kepada Gibran maju dalam Pilpres 2024. Anwar Usman merupakan adik ipar Presiden Joko Widodo, sehingga bisa dikatakan Gibran adalah keponakannya.

Eko Suwanto menjelaskan, sesuai dengan sikap Ketua Umum PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarno, di dalam rapat DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta disampaikan pentingnya meneguhkan konstitusi. 

Selama proses demokrasi Pemilihan Umum baik Pilpres dan Pemilihan Legislatif ada dinamika politik yang keras.

"Sikap Ibu Megawati Soekarnoputri dengan upaya dan langkah meneguhkan konstitusi, DPC PDI Perjuangan Yogyakarta tegaskan sikap. Meski proses berdinamika sangat keras, dikepung pragmatisme, PDI Perjuangan menang hattrick di Pemilihan Legislatif. Kita catat bagaimana program panjang dan menjadi tidak berarti karena adanya abuse of power Presiden Joko Widodo," kata Eko Suwanto yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta ini.

BACA JUGA: Sudah Tidak Lagi Pandemi, Bawaslu Sebut Pilkada 2024 Bakal Berbeda

Secara khusus, PDI Perjuangan berterima kasih kepada seluruh rakyat yang hadir di TPS untuk memberikan suara. 

Dari tanah kelahiran Ibu Hj Megawati Soekarnoputri di Yogyakarta, seluruh elemen struktural juga badan partai dan sayap diharapkan segera membangkitkan konsolidasi kekuatan. 

"Terima kasih atas kepercayaan kepada PDI Perjuangan, mari kembali bangkit merebut Pilkada 2024, hal utama kokohkan partai. Jogja tanah kelahiran Megawati Soekarnoputri harus mampu dan selalu ada di hatinya rakyat," kata alumni Lemhannas ini.

Khusus menyikapi langkah Presiden Joko Widodo dan keluarganya, pilihan politik Gibran Rakabuming yang dengan pelanggaran etik Ketua MK dan KPU bisa menjadi Cawapres, ia menyebut mereka adalah contoh pemimpin yang buruk dalam sejarah demokrasi di Indonesia. 

"Joko Widodo memberikan contoh yang buruk, kedepankan kepentingan keluarga di atas konstitusi, bangsa dan negara dengan bukti Ketua MK yang notabene kerabat Jokowi dipecat akibat lakukan pelanggaran berat etik dengan Putusan 90 yang muluskan anak Jokowi, Gibran sebagai Cawapres," kata Alumni MEP UGM Eko Suwanto. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement