Advertisement

PPDB Kelas Khusus Olahraga untuk SMP Negeri di Bantul Mulai Dibuka

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 23 April 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
PPDB Kelas Khusus Olahraga untuk SMP Negeri di Bantul Mulai Dibuka Sejumlah orang tua calon siswa SMP saat berkonsultasi dengan petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kantor Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Senin (19/6/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur Kelas Khusus Olahraga (KKO) mulai dibuka pada Senin (22/4/2024). Siswa yang memiliki prestasi olahraga dapat mendaftar melalui jalur tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menyampaikan ada lima sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Bantul yang membuka PPDB jalur KKO 2024.

Advertisement

Sekolah tersebut yaitu SMPN 1 Sewon, SMPN 2 Sewon, SMPN 1 Kretek, SMPN 2 Kretek, dan SMPN 1 Pleret. Untuk satu rombongan belajar akan menampung 32 orang siswa. Nugroho menuturkan antusiasme pendaftar PPDB KKO cukup tinggi. Beberapa pendaftar menurutnya tidak hanya berasal dari Bantul saja, namun juga dari Kota Jogja. "Tahun lalu [waktu] pendaftaran KKO tidak bersamaan [antar kabupaten kota di DIY]. Sekarang suruh DIY diseragamkan [waktu pendaftaran KKO]," katanya, Senin (22/4/2024).

Dia menuturkan pendaftaran PPDB jalur KKO tersebut akan dibuka pada 22-25 April 2024. Kemudian tes seleksi kebugaran pada 29 April 2024, kemudian tes kecabangan pada 30 April-2 Mei 2024. Lalu dilanjutkan tes wawancara pada 3 Mei 2024.

"Setelah itu pengumuman akan dilakukan pada 7 Mei 2024. Nanti akan tercantum nilai masing-masing orang berapa saat pengumuman," imbuhnya.

Baca Juga

Sekolah Swasta Favorit di Jogja Mulai Gelar PPDB, Cek Materi Tesnya

Minimalkan Kecurangan, Status Pemanfaatan Famili Lain dalam PPDB Jogja akan Ditinjau

ORI DIY Datangi Kantor Disdukcapil Jogja soal Peserta PPDB Menumpang KK

Dia menuturkan kelima sekolah yang menyelenggarakan KKO telah menyediakan fasilitas dan pelatihan untuk membina bakat olahraga yang dimiliki setiap anak. "Ketika sekolah sudah mendeklarasikan memiliki KKO, maka sekolah tersebut harus memiliki sumber daya manusia (SDM), guru yang mampu melatih anak-anak di kelas tersebut," ujarnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 2 Sewon, Kurnia Puspita menyampaikan tes kebugaran akan akan diselenggarakan di sekolah. Dalam tes tersebut, calon siswa akan diukur tinggi badan, berat badan, dan menjangkau ketinggian dan beberapa tes lain. Sementara calon siswa juga akan menjalani tes kecabangan sesuai cabang olahraga calon siswa yang bersangkutan. “Ini tahun ketiga [KKO] di SMPN2 Sewon. Pendaftar di luar target kita, kita hanya menerima 32 siswa, pendaftar melebihi jumlah tersebut,” ujarnya.

Pada 2022 ada 80 orang pendaftar, dan di tahun 2023 ada 79 pendaftar. Sementara pada hari kedua pendaftaran PPDB jalur KKO tahun 2024, ada 54 orang pendaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement