Advertisement

Pilkada 2024, DPC Partai Demokrat Bantul Belum Tentukan Partai Koalisi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 23 April 2024 - 17:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pilkada 2024, DPC Partai Demokrat Bantul Belum Tentukan Partai Koalisi Bendera Partai Demokrat / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDPC Partai Demokrat Bantul belum menentukan partai koalisi untuk Pilihan Kepada  Daerah (Pilkada) 2024. Meski begitu, komunikasi dengan beberapa partai telah dilakukan. 

Ketua DPC Partai Demokrat Bantul, Rony Wijaya Indra Gunawan memastikan DPC Demokrat Bantul akan berkoalisi dengan partai lain. Hal itu lantaran pihaknya hanya memiliki tiga kursi kursi dalam Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), sementara jumlah minimal perolehan kursi untuk bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bantul pada Pilkada 2024 minimal sembilan kursi.

Advertisement

BACA JUGA: Pilkada 2024, PDIP DIY Tegaskan Terbuka Bekerja Sama dengan Partai Lain

Dia mengakui saat ini DPC Partai Demokrat Bantul tengah membangun komunikasi informal dengan beberapa partai lain terkait koalisi dalam Pilkada 2024. Dia pun tidak menampik Partai Demokrat Bantul akan berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kembali akan mengusung Abdul Halim Muslih sebagai calon Bupati Bantul. 

“Kami siap. Tentu PKB juga butuh teman karena kursi mereka cuma enam. Mungkin Cawabup dari kami, itu kan sudah cukup,” katanya, Selasa (23/4/2024). 

Sementara menurut Rony, saat ini DPC Partai Demokrat Bantul tengah membuka penjaringan balon Bupati dan Wabup Bantul untuk Pilkada 2024 pada 16 April-Mei 2024. Meski begitu, pendaftaran Balon Bupati dan Wabup Bantul pada Pilkada 2024 masih sepi peminat. 

Dia menyampaikan pihaknya membuka kesempatan untuk internal dan eksternal Partai Demokrat untuk mendaftar sebagai balon Bupati dan Wabup Bantul pada Pilkada 2024. 

Menurutnya saat ini DPC Partai Demokrat Bantul juga telah memiliki balon Bupati dari penjaringan internal. Meski begitu, Rony tidak mau menyampaikan nama balon Bupati dari penjaringan internal tersebut lantaran masih dalam proses penggodogan di tingkat internal partai.

Dalam penjaringan yang dilakukan oleh DPC Partai Demokrat Bantul, setiap dua minggu akan membuat laporan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Baik ada tambahan pendaftar dan usulan atau tidak. 

Setelah benar-benar hasilnya final, DPC Partai Demokrat Bantul akan menyodorkan ke DPD Partai Demokrat DIY. Laporan itu akan ditindaklanjuti oleh DPP Partai Demokrat Untuk dilakukan survei elektabilitas. Selanjutnya mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat. 

“Karena kami di daerah sifatnya hanya usulan, tidak bisa memutuskan,” ucap Rony.

Nantinya, DPP Paratai Demokrat akan memberikan surat tugas dari Ketua Umum Demokrat untuk melaksanakan tugas partai. Termasuk salah satunya membangun koalisi dengan partai lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang Kedua Keberangkatan Jemaah Haji, Kemenag Berharap Tak Ada Lagi Kasus Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement