Advertisement

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Catur Dwi Janati
Kamis, 25 April 2024 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditemui pada Kamis (25/4/2024) di STPN Jogjakarta. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Berkunjung ke Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Jogjakarta, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan sejumlah tantangan di bidang pertahanan masa kini. Penguasaan pengetahuan dan teknologi dinilai AHY menjadi keterampilan yang dibutuhkan saat ini.

"Kami berharap mereka [taruna-taruni] bisa memiliki keterampilan yang relevan dengan tantangan dan tuntutan zaman. Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan teknologi ini penting sekali," kata AHY pada Kamis (25/4/2204) di STPN.

Advertisement

AHY menambahkan perkembangan alat pengukuran pertahanan juga mengalami pemutakhiran dari masa ke masa. Hal ini harus turut diikuti kemampuan SDM dalam mengukuti perkembangan teknologi.

"Tadi saya cek misalnya alat pengukuran, itu juga terus berkembang. Dari yang sangat sederhana yang manual sampai dengan yang lebih modern sampai dengan yang paling canggih," ujarnya.

Belum lagi teknologi mapping survey, lewat pesawat tanpa awak atau drone. Perkembangan drone lanjut AHY juga terus mutakhir dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih.

Baca Juga

Pemkot Jogja Gandeng Kantor Pertanahan Dorong Digitalisasi UMKM

Tok! Krido Suprayitno Divonis Pidana 4 Tahun dan Denda Rp300 Juta dalam Kasus Mafia Tanah Kas DesaTok! Krido Suprayitno Divonis Pidana 4 Tahun dan Dend

AHY Keluarkan Tujuh Kebijakan Strategis Kementerian ATR/BPN untuk 2025-2029

"Artinya memang di samping kita terus membangun karakter SDM yang unggul tadi, kita juga harus semakin gencar untuk menguasai keterampilan, termasuk juga penguasaan terhadap teknologi terkini. Ini penting agar kita tidak ketinggalan, agar tidak usang," ungkapnya.

Olah karena itu AHY berharap STPN bisa menjadi yang terdepan untuk mempersiapkan SDM yang unggul di bidang pertahanan. Sehingga, pada saatnya lulus nanti, taruna-taruni STPN bisa diserap langsung dan diberdayakan.

"Sekali lagi banyak sekali kebutuhan kita di lapangan termasuk bagaimana ketika menyelesaikan sengketa-sengketa tanah. Saya berharap STPN bisa memiliki kualitas yang semakin baik ke depan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korlantas Uji Coba Kirim Surat Tilang via Whatsapp

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement