Advertisement

Pendaftaran Bacalon Ditutup Kemarin, 4 Orang Ambil Formulir di DPC PDIP Bantul

Jumali
Jum'at, 26 April 2024 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pendaftaran Bacalon Ditutup Kemarin, 4 Orang Ambil Formulir di DPC PDIP Bantul Ilustrasi Pilkada /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDPC PDIP Bantul resmi menutup pendaftaran bakal calon (bacalon) bupati dan wakil bupati pada Pilkada Bantul 2024, Kamis (25/4/2024) sore pukul 17.00 WIB.

Hingga detik terakhir pendaftaran, hanya ada empat kandidat bacalon yang mengambil formulir pendaftaran. Keempat kandidat bacalon tersebut adalah Joko Purnomo, Aryunadi, Abdul Halim Muslih dan Bejo WTP.

Advertisement

BACA JUGA: Pendaftaran Kandidat Pilkada lewat Golkar Kulonprogo Tutup, Ada 6 Balon Bupati dan 6 Balon Wakil

Sekretaris tim penjaringan bacalon bupati dan wakil bupati Bantul, DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo mengatakan, Aryunadi dan Joko Purnomo adalah bacalon hasil penjaringan internal dan telah diberikan formulir pendaftaran usai rapat internal DPC PDIP Bantul.

Sedangkan untuk Abdul Halim Muslih pengambilan formulir telah dilakukan Selasa (23/4/2024).

"Terakhir ya, pak Bejo [Bejo WTP] yang mendaftar kemarin. Jadi sampai detik pembukaan pendaftaran kemarin, ya hanya ada empat orang. Dua yang mengambil formulir, dan dua lainnya, kami berikan formulir, karena kan Pak Joko dan Aryunadi hasil penjaringan internal," papar Rajut, Jumat (26/4/2024).

Menurut Rajut, sampai saat ini pihaknya masih menunggu bacalon yang telah mengambil formulir untuk mengembalikan formulir dan berkas sampai 27 April 2024. Nantinya pada 27 April 2024, baru akan diketahui siapa saja yang resmi mendaftar.

"Untuk sampai Jumat (26/4/2024) siang ini, belum ada yang mengembalikan formulir. Kami tunggulah mereka mengembalikan formulir sampai Sabtu (27/4/2024) sore," lanjut Rajut.

Ketua tim penjaringan bacalon bupati dan wakil bupati Bantul, DPC PDIP Bantul, Heru Nugroho mengungkapkan  minimnya kandidat bacalon yang mengambil formulir pendaftaran diduga karena bacalon yang nantinya akan diusung oleh PDIP harus memiliki elektabilitas yang tinggi.

"Untuk itu, mereka enggan mengambil formulir pendaftaran di tempat kami," ujarnya.

Terkait dengan rencana pengembalian formulir yang akan dilakukan oleh Joko Purnomo dan Abdul Halim Muslih, Rajut menambahkan, dari komunikasi dengan kedua bacalon tersebut, keduanya rencananya akan mengembalikan formulir bersamaan pada Sabtu (27/4/2024).

"Soal jamnya kami belum mendapatkan kepastian. Yang jelas dari komunikasi terakhir, sudah konfirm pak Halim dan Pak Joko akan mengembalikan tanggal 27," jelas Rajut.

Lebih lanjut Rajut mengungkapkan, nantinya nama-nama bacalon yang telah mengembalikan formulir akan langsung dikirimkan ke DPP PDIP. Soal pengerucutan nama yang dipilih dan restu pasangan yang diusung, Rajut mengungkapkan menjadi kewenangan dari DPP PDIP.

"Nanti kan DPP juga akan melakukan survey elektabilitas. Biasanya pakai lembaga survey Pandawa dari DPP PDIP. Dan, biaya survey semua ditanggung DPP PDIP," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement