Advertisement

Tumbuhkan Literasi Membaca di Kalangan Pelajar Lewat Diskusi dengan Penulis Buku

Sunartono
Minggu, 28 April 2024 - 04:57 WIB
Sunartono
Tumbuhkan Literasi Membaca di Kalangan Pelajar Lewat Diskusi dengan Penulis Buku Literasi membaca dan semangat menulis penting untuk ditumbuhkan di kalangan pelajar. Menghadirkan penulis buku menjadi salah satu langkah untuk membagikan semangat dan pengalaman secara langsung kepada siswa. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Literasi membaca dan semangat menulis penting untuk ditumbuhkan di kalangan pelajar. Menghadirkan penulis buku menjadi salah satu langkah untuk membagikan semangat dan pengalaman secara langsung kepada siswa.

Kegiatan talkshow dan bedah buku bertajuk Mariposa digelar di SMA Muhammadiyah 2 Jogja pada Sabtu (27/4/2024). Mariposa adalah buku karya Luluk HF, penulis yang banyak mengunggah beragam tulisannya di platform Wattpad. Luluk memberikan motivasi kepada para pelajar yang hadir dalam kesempatan itu. "Mulailah menulis dari hal-hal kecil di sekitar kita, secara konsisten," katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Smartfren Beri Pelatihan Literasi Digital di 154 Sekolah di Propinsi DIY & Jawa Tengah

Kepala SMA Muha Slamet Purwo mengatakan kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Perpustakaan lewat Komunitas Pecinta Buku. Diskusi itu dihadiri sedikitnya 200 pelajar dari berbagai sekolah di Kota Jogja serta perwakilan guru dan mahasiswa. "Harapannya semangat membaca dan menulis di kalangan pelajar khususnya era digital bisa meningkat," katanya.

Di era saat ini memang banyak buku digital. Akan tetapi, buku fisik tetap disediakan karena beberapa orang menganggap membaca buku fisik secara langsung lebih mudah untuk memahami isinya.

"Kegiatan ini bisa mendekatkan antara siswa dengan penulis buku yang berpengalaman, sehingga pelajar bersemangat. Tetu harapan kami bisa meningkatkan minat membaca dan semangat menulis," kata Muh. Khusnudin selaku Kepala Perpustakaan.

Ketua Bedah Buku dan Talk Show Mariprosa Annisa Ardiningrum mengatakan kegiatan itu mendapatkan respons positif dari para pelajar. Mereka banyak yang bertanya secara langsung kepada penulis terkait strategi untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam menulis.

"Banyak sekali pertanyaan yang ditujukankepada penulis buku karena ingin menggali pengalaman secara langsung, terutama bagaimana mencari ide setiap menulis, bagaimana memulainya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Masalah Lahan di IKN Dipastikan Segera Rampung, AHY: Otorita IKN Tuntaskan Ganti Rugi

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement