Advertisement

Masih Dalam Proses Pembentukan, Segini Honor PPK, PPS dan Panwascam untuk Pilkada Sleman

David Kurniawan
Rabu, 01 Mei 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Masih Dalam Proses Pembentukan, Segini Honor PPK, PPS dan Panwascam untuk Pilkada Sleman Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman secara simultan membentuk PPK dan PPS untuk penyelenggaraan Pilkada 2024. Setelah terbentuk, petugas badan ad hoc ini akan menerima honor yang diterima setiap bulan hingga Januari 2025.

Anggota KPU Sleman, Huda Al Amna mengatakan, untuk rekrutmen PPK sudah memasuki tahapan seleksi administrasi. Total kebutuhan yang diperlukan sebanyak 85 orang dengan rincian di setiap kapanewon lima petugas.

Advertisement

“Bagi yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti Computer Assisted Tes [CAT]. Selanjutnya tahapan dilanjutkan tes wawancara dan harapannya 16 Mei anggota PPK terpilih sudah bisa dilantik,” katanya, Rabu (1/5/2024).

Adapun untuk rekrutmen PPS, dia mengkaui masih dalam tahapan sosialisasi. Rencananya, pembukaan pendaftaran dimulai pada 2-8 Mei 2024. “Untuk PPS kebutuhannya sebanyak 284 orang, dengan rincian tiga petugas di setiap kalurahan. Rencananya petugas ini dilantik pada 26 Mei mendatang,” katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Keputusan KPU RI No.475/2024 tentang Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati dan Wali Kota Wakil Wali Kota, petugas PPK dan PPS berlangsung mulai 16 Mei 2024 hingga 27 Januari 2025. 

Sementara untuk honor yang diterima oleh PPK maupun PPS, rinciannya, untuk ketua PPK mendapatkan honor sebesar Rp2,5 juta dan anggota sebesar Rp2,2 juta.

Untuk ketua PPS mendapatkan honor sebesar Rp1,5 juta dan anggota Rp1,3 juta yang diberikan setiap bulan. “Honor diberikan selama masa kerja berlangsung,” katanya.

BACA JUGA: Pembentukan PPK dan PPS di Pilkada Sleman Ditarget Selesai Akhir Bulan Ini

Terpisah, Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, saat ini masih dalam proses pembentukan panwascam. Menurut dia, pembentukan terbagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama dikhususkan untuk panwas yang pernah bertugas di Pemilu 2024. Sedangkan gelombang kedua dibuka secara umum guna memenuhi kekurangan kebutuhan setelah rekrutmen panwas secara tertutup.

“Dari 51 anggota panwascam existing pemilu, yang mendaftar untuk pilkada ada 48 orang. Ini tidak otomatis diterima karena akan dilakukan evaluasi kinerja,” katanya.

Dia menjelaskan, sudah menyiapkan honor bagi anggota panwascam di pilkada. Adapun besarannya, untuk ketua Panwascam mendapatkan Rp2,2 juta dan anggota sebesar Rp1,9 juta.“Masih dalam proses pembentukan dan harapannya sudah bisa dilantik di 26 Mei 2024,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada 2024, Warga Diimbau Pilih Calon Kepala Daerah yang Peduli Kesehatan Warga

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement