Advertisement

Pembentukan PPK dan PPS di Pilkada Sleman Ditarget Selesai Akhir Bulan Ini

David Kurniawan
Rabu, 01 Mei 2024 - 14:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Pembentukan PPK dan PPS di Pilkada Sleman Ditarget Selesai Akhir Bulan Ini Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman tidak bisa santai untuk membentuk badan adhoc pilkada 2024. Pasalnya, pembentukan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) harus sudah selesai di akhir Mei ini.

Anggota KPU Sleman, Huda Al Amna mengatakan, pihaknya hanya memiliki waktu satu bulan untuk membentuk PPK dan PPS. Meski demikian, ia optimistis di akhir bulan ini, seluruh badan adhoc pilkada sudah selesai terbentuk.

Advertisement

BACA JUGA: Peringatan Hari Buruh 2024, Buruh Tuntut Penghapusan Upah Murah hingga Pencabutan UU Cipta Kerja

“Harus dikerjakan secara simultan. Sekarang masih proses pembentukan PPK, tapi mulai 2-8 Mei sudah membuka pendaftaran PPS,” kata Huda saat dihubungi wartawan, Rabu (1/5/2024).

Dia menjelaskan, untuk pembentukan PPK dipastikan tidak ada perpanjangan pendaftaran karena jumlah pelamar sebanyak 269 orang. Hal ini berarti sudah melebihi dari dua kali dari kebutuhan yang diperlukan.

“Ini masih proses seleksi administrasi dan lolos berhak mengikuti Computer Assisted Test [CAT]. Setelah itu ada tahapan wawancara dan diharapkan anggota PPK sudah bisa dilantik 16 Mei mendatang,” katanya.

Adapun rekrutmen PPS, Huda mengaku sedikit berbeda dengan penyelenggaraan pemilu. Pasalnya, PPK pilkada belum terbentuk sehingg proses rekrutmen langsung ditangani oleh KPU Sleman.

“Kalau di pemilu lalu, rekrutmen PPS yang mengurusi PPK. Namun karena PPK belum terbentuk serta waktunya makin mepet dan awal Juni sudah dibentuk petugas pemutakhiran data pemilih [PPDB] maka rekrutmen ditangani KPU kabupaten,” katanya.

Untuk persyaratan rekrutmen PPS tidak beda jauh dengan pemilu. Bagi warga yang ingin mendaftar diwajibkan membuat akun di aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba) untuk mendaftar dan menggunggah berkas yang dibutuhkan.

Meski demikian, ia mengingatkan, setelah mendaftar lewat aplikasi, calon pendaftar tetap diwajibkan menyerahkan berkas ke kantor KPU Sleman. “Kami sarankan agar berkas diserahkan secara langsung. Ini untuk menghindari kedatangan pengiriman yang lewat dari tanggal penutupan pendaftaran,” katanya.

Ditargetkan pembentukan PPS selesai tahapan perekrutan pada 25 Mei sehingga di 26 Mei sudah bisa dilantik. Total kebutuhan yang diperlukan sebanyak 258 orang, dengan rincian tiga petugas di masing-masing kalurahan.

BACA JUGA: Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

“Meski langsung menangani rekrutmen PPK dan PPS di waktu yang hampir bersamaan, kami tetap optimistis pembentukan bisa selesai sesuai jadwal. Jadi, di awal Juni sudah dibentuk PPDB untuk proses pencocokan dan penelitian data pemilih,” katanya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, pihaknya sudah memulai pembentukan badan adhoc pengawasan. Menurut dia, di tahap awal dibentuk anggota panwascam di 17 kapanewon di Sleman.

“Untuk sekarang masih rekrutmen tertutup yang dikhususkan bagi eks panwas pemilu. Total ada yang mendaftar 48 orang dan sekarang masih dalam tahapan penilaian sebelum diumumkan siapa lolos jadi panwascam pilkada,” katanya.

Menurut dia, sisa kekurangan dari kebutuhan 51 panwascam di Sleman akan dilakukan pendaftaran secara terbuka. “Kita selesaikan dulu yang existing pemilu, karena ini menentukan untuk kebutuhan dalam rekrutmen panwas secara terbuka,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Masalah Lahan di IKN Dipastikan Segera Rampung, AHY: Otorita IKN Tuntaskan Ganti Rugi

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement