Advertisement

Besok, Tumpukan Sampah di Selopamioro Dibersihkan, Pelaku Pembuang Masih Dikejar

Jumali
Jum'at, 10 Mei 2024 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Besok, Tumpukan Sampah di Selopamioro Dibersihkan, Pelaku Pembuang Masih Dikejar Poster imbauan agar tidak membuang sampah sembarangan yang dipasang di Instagram Pemkab Bantul. - Tangkapan Layar - Instagram @PemkabBantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPemerintah Kalurahan (Pemkal) Selopamioro memastikan tumpukan sampah sebanyak dua gundukan yang dibuang oleh orang tidak dikenal mulai dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul pada Sabtu (11/5/2024) besok.

Untuk sementara, hingga Jumat (10/5/2024) Pemkal Selopamioro membiarkan tumpukan sampah di salah satu ruas Jalan Imogiri-Panggang, Pedukuhan Nawungan I, Selopamioro, Imogiri itu sembari menunggu tertangkapnya pelaku pembuangan sampah.

Advertisement

BACA JUGA: TPA Piyungan Ditutup, DLH Sleman Temukan Belasan Titik Jadi Lokasi Pembuangan Sampah Liar

"Pencarian pelaku masih dilakukan. Jika sampai nanti malam belum tertangkap, maka besok akan mulai dibersihkan oleh petugas dari DLH Bantul," kata Lurah Selopamioro, Sugeng, Jumat (10/5/2024).

Menurut Sugeng, sejatinya pihaknya telah berkoordinasi dengan DLH Bantul sejak Rabu (8/5/2024). Akan tetapi, berdasarkan kesepakatan warga, DLH diminta jangan membersihkan sampah tersebut.

"Sebab, sekarang pelakunya sedang dicari. Begitu ketemu pelakunya, maka akan diterapkan sanksi sosial, berupa pelaku pembuang yang nantinya harus membersihkan sampah tersebut dan menaikkan lagi sampah ke truk yang digunakan untuk menganggkut sampah," papar Sugeng.

Sugeng mengungkapkan, sanksi itu diharapkan akan memberikan efek jera bagi pelaku dan orang yang hendak melakukan pembuangan sampah liar di wilayah tersebut. Untuk dugaan pelaku pembuangan sampah di Imogiri-Panggang, Sugeng memastikan berdasarkan pengamatan CCTV, bukan orang Imogiri.

"Sekilas itu truk bukan milik orang Imogiri. Tapi, sejauh ini masyarakat terus melakukan pelacakan terhadap pengemudi truk tersebut. Kita tunggu nanti hasilnya," ucap Sugeng.

Untuk mencegah, kemungkinan kejadian berulang, Sugeng mengaku saat ini ada beberapa spanduk berisi larangan membuang sampah di beberapa titik yang rawan dijadikan lokasi pembuangan. Selain itu, saat ini Pemkal juga tengah berembuk terkait dengan kemungkinan penambahan CCTV di beberapa titik.

"Kalau untuk CCTV ini kan kaitannya dengan keberadaan jaringan. Saat ini kami masih koordinasi untuk itu," ucap Sugeng.

Sebelumnya, warga Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul dikejutkan dengan adanya aksi dari truk membuang tumpukan sampah di Jalan Imogiri-Panggang, Pedukuhan Nawungan I, Selopamioro, pada Selasa (7/5/2024) dinihari. Keberadaan truk warna kuning yang membuang sampah itu juga terekam CCTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement