Advertisement

Dinkes Jogja Pastikan Tak Ada Keluhan Soal Efek Samping Astrazeneca

Alfi Annisa Karin
Senin, 13 Mei 2024 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Dinkes Jogja Pastikan Tak Ada Keluhan Soal Efek Samping Astrazeneca Seorang lansia mendapatkan vaksinasi booster di Kantor Kecamatan Ngemplak, Sleman, Kamis (24/2/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Beberapa waktu terakhir ramai kabar soal munculnya efek samping dari vaksin Astrazeneca. Vaksin Covid-19 ini disebut punya efek samping berupa penyakit pembekuan darah langka dan pendarahan di otak. Menanggapi kejadian ini, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja Lana Unwanah memastikan pihaknya tak menerima keluhan soal efek samping vaksin Astrazeneca.

“Tidak ada dan tidak ditemukan kasus efek samping Astrazeneca. Sejauh ini relatif aman, tidak kami temukan,” ujar Lana, Senin (13/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Cegah Kecelakaan, Ini Aturan Disdikpora Kota Jogja Terkait Operasional Bus Study Tour

Lana menjelaskan, di awal kemunculannya vaksin Astrazeneca merupakan jenis vaksin yang paling dikhawatirkan masyarakat terkait efek sampingnya. Namun, normalnya efek samping yang dirasakan adalah berupa demam dan nyeri.

Lana menegaskan, pihaknya tak menemukan adanya laporan soal keluhan di luar nyeri dan demam. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tak perlu panik.

“kalau dari laporan Komnas KIPI itu tidak ada laporan, maksudnya tidak ada kejadian seperti yang diberitakan. Tidak perlu khawatir, tidak perlu panik,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dinkes DIY Imbau Calon Jemaah Haji DIY Waspadai Fenomena Heat Stroke

Lana mengatakan, sudah cukup lama vaksin booster terakhir kali diberikan di Kota Jogja. Sebab, pihaknya sudah tak lagi dapat pasokan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Vaksin Covid-19 terakhir kali diberikan kepada para calon jamaah haji.

“Sementara itu kami tidak melaksanakan lagi. Jadi tidak ditarik tapi karena memang sudah tidak ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPU Menolak Minta Maaf Terkait Kasus Asusila Hasyim Asy'ari, Ini Alasannya

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement