Advertisement

Dinkes DIY Imbau Calon Jemaah Haji DIY Waspadai Fenomena Heat Stroke

Yosef Leon
Senin, 13 Mei 2024 - 15:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Dinkes DIY Imbau Calon Jemaah Haji DIY Waspadai Fenomena Heat Stroke Suasana pelepasan calon jemaah haji asal DIY yang berlangsung pada Senin (13/5/2024) di Kompleks Kepatihan. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 3.402 calon jemaah haji asal DIY diberangkatkan ke tanah suci pada Senin (13/5/2024). Total ada 10 kloter CJH yang berangkat dari DIY dengan delapan kloter semuanya berasal dari wilayah setempat dan dua lainnya digabung dengan calon jemaah haji asal Jawa Tengah. 

Ibadah haji tahun ini dilaksanakan berbarengan dengan fenomena cuaca panas ekstrem di Arab Saudi. Calon jemaah haji diminta untuk memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing agar tidak terkena heat stroke atau kondisi gawat darurat akibat meningkatnya suhu tubuh. 

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan, calon jemaah haji harus mengatur aktivitas selama berada di tanah suci untuk menjaga kondisi tubuh. Menurutnya aktivitas yang dijalankan hanya yang disarankan saja atau yang berkaitan dengan ibadah haji. 

BACA JUGA: 13 Bandara Disiapkan Jadi Embarkasi dan Debarkasi Haji

"Karena suhu udara di sana sekarang sudah mulai di atas rata-rata di Indonesia, jelas harus konsumsi air yang banyak. Memang risikonya jadi lebih sering ke toilet tapi itu lebih penting untuk menghindari heat stroke," katanya, Senin (13/5/2024). 

Pembajun menambahkan,calon jemaah haji juga perlu melindungi tubuh dengan payung atau topi saat beraktivitas di luar ruangan. Sebab, heat stroke berpotensi sangat berbahaya jika diidap oleh warga lanjut usia. Selain itu bisa pula berpotensi menyerang otak dan bermacam saraf di kepala. 

"Biasanya orang yang kena penyakit ini karena daya tahan tubuhnya kurang baik oleh karena itu asupan makanan harus dijaga. Walapun menunya tidak sesuai, tapi harus diperbanyak makan buah dan air," ungkapnya. 

BACA JUGA: Jemaah Calon Haji Antisipasi Dampak Gelombang Panas di Arab Saudi

Kepala Kanwil Kemenag DIY Masmin Afif menjelaskan, ada dua klotercalon jemaah haji asal DIY yang digabung dengan Jawa Tengah yakni kloter 81 dan 100. Dari jumlah tersebut sebanyak 300calon jemaah haji yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini berasal dari kuota tambahan. 

"Calon jemaah haji yang 3.147 orang itu berasal dari kuota reguler, 128 kuota tambahan, dan 74 orang yang merupakan calon haji mutasi dari daerah lain. Dari jumlah tersebut, kuota jamaah calon haji lansia tercatat sebanyak 157 orang," ujarnya. 

Masmin menyebut, Umirah Suto Rejo asal Sleman menjadicalon jemaah haji tertua DIY dengan usia 95 tahun. Sementara calon haji termuda dipegang oleh Aledewa Rajaa Taqiy asal Ngaglik, Sleman dengan usia 18 tahun. "Semua yang berangkat sudah mendapatkan vaksin meningitis dan diperiksa kondisi kesehatannya" pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

GP Ansor Dukung Kadernya Maju di Pilkada Serentak 2024

News
| Minggu, 07 Juli 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement