Advertisement

Pedagang Kambing Kurban di Bantul Ini Pakai Jasa SPG Buat Gaet Pembeli

Jumali
Senin, 13 Mei 2024 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pedagang Kambing Kurban di Bantul Ini Pakai Jasa SPG Buat Gaet Pembeli SPG saat menawarkan kambing kurban di Godegan RT 10, Tamantirto, Kasihan, Bantul - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Berbagai cara dilakukan oleh penjual hewan kurban untuk menarik para calon pembeli. Salah satunya yang dilakukan oleh Adi Karnadi, 31 yang memanfaatkan sales promotion girl (SPG), untuk berjualan hewan kurban berupa kambing di Godegan RT 10, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Adi mengungkapkan, dirinya sengaja memanfaatkan tiga orang SPG untuk membantu penjualan kambing kurban di tempatnya. Harapannya, ketiga orang SPG, yakni Riris, Kiki dan Rahma yang memiliki penampilan menarik, pintar berkomunikasi akan dengan mudah menarik calon pembeli.

Advertisement

"Tentu harapannya akan berdampak kepada peningkatan omzet jualan di tempat saya," kata Adi, Minggu (12/5/2024) sore.

Menurut Adi, ide menggunakan tiga orang SPG tersebut baru muncul pada tahun ini. Sebelumnya, Adi yang juga telah berjualan hewan kurban pada tahun lalu belum menggunakan trik ini. Alhasil, pada tahun lalu, Adi hanya mampu menjual sebanyak 130 kambing sebelum sampai pada hari raya Iduladha.

"Alhamudillah, sejak dibantu SPG, saat ini sudah ada 160 ekor kambing yang telah laku dan dipesan," terang Adi.

Adi menambahkan, untuk memastikan kambing yang dibelinya dari pasar hewan dalam keadaan sehat dan terjaga nutrisinya, dirinya sengaja memberikan rumput yang masih hijau dan memberikan komboran dari kulit kedelai, ampas tahu, sampai bekatul. Selain itu, kambing yang dijual juga telah dinyatakan sehat oleh petugas puskesmas hewan terdekat.

BACA JUGA: Menjelang Iduladha, Stok Hewan Kurban di DIY Mencukupi

Mengenai harga kambing yang dijual, Adi mengaku mematok harga bervariasi bergantung kepada ukuran kambing yakni mulai Rp2,5 juta hingga Rp7juta. Namun, dari harga yang ditawarkan tersebut, rata-rata konsumen memilih membeli kambing dengan harga Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta.

Adi mengungkapkan, para calon pembeli biasanya tidak hanya datang ke lokasi penjualannya, di Godengan, tapi juga bisa menghubungi nomor ponselnya. Nantinya untuk calon pembeli yang datang akan langsung mendapatkan penjelasan dari tiga SPG di lokasi penjualan.

"Nah nanti begitu sepakat. Nanti kambing akan kami antarkan ke lokasi pembeli. Pembeli juga nanti bisa mendapatkan gratis makan sate kambing di warung makan saya," terang pemilik warung sate kambing Mutiara Eva ini.

Sementara salah satu SPG, Riris mengaku sempat kaget karena mendapatkan tawaran dari Adi Karyadi untuk menjualkan kambing. Namun dalam perkembangannya, Riris mengaku tertantang dan menerima tawaran tersebut.

"Ya, hitung-hitung nambah pengalaman juga. Apalagi ini barang hidup, jadi harus lebih telaten dan sabar," terang Riris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement