Advertisement

Harga Bawang Masih Tinggi di Pasaran, Disperindag DIY Gencarkan Operasi Pasar

Yosef Leon
Jum'at, 17 Mei 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Harga Bawang Masih Tinggi di Pasaran, Disperindag DIY Gencarkan Operasi Pasar Suasana gelaran pasar murah yang diselenggarakan di Kantor Disperindag DIY, Jumat (17/5 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA—Harga komoditas bawang terpantau masih mengalami harga yang tinggi di pasaran. Pedagang sekarang menjual Rp45.000 per kilogram untul bawang merah dan Rp40.000 per kilogram untuk bawang putih. 

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti mengatakan, harga segitu masih tergolong tinggi untuk komoditas bawang. Ini disebabkan karena sentra penghasil komoditas itu terdampak banjir beberapa waktu lalu. 

Advertisement

"Komoditas bawang DIY disuplai dari Grobogan dan Brebes. Pas ada puasa dan idulfitri peningkatan kebutuhan sehingga harga mengalami kenaikan," katanya, Jumat (17/5/2024). 

BACA JUGA: Kasus DBD di Gunungkidul Per Mei 2024, Naik 3 Kali Lipat Dibandingkan Tahun Lalu

Beberapa komoditas pokok lainnya ada pula yang mengalami penurunan harga seperti gula pasir, beras dan lainnya. Disperindag DIY pun menggencarkan operasi pasar murah bagi masyarakat untuk menjaga daya beli masyarakat. 

"Ini rutin kami gelar, tadi pagi juga ada. Komoditasnya beragam ada beras, minyak goreng, gula pasir, telur, bawang merah putih, tepung. Totalnya semua 10 ton," katanya. 

Harga barang yang dijual dalam operasi pasar itu seharga eceran tertinggi. Untuk gula Rp15.500 per kg, minyak goreng Rp12.500 per liter dan beras bervariasi tergantung jenisnya, kemudian telur Rp27.000 per kg, bawang merah Rp38.000 per kg dan bawang putih Rp34.000 per kg. 

BACA JUGA: Tol Jogja Solo di Atas Ring Road Dibangun Mulai Juni, Kendaraan Tetap Bisa Lewat

"Kami pastikan semua stok aman dan tidak ada kelangkaan. Karena konsumsi per orang bawang merah kan tidak banyak, paling industri kuliner yang butuh banyak. Kalau untuk keluarga tidak banyak juga paling berapa butir, berbeda dengan beras," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bantah Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Sepi Peminat

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement