Advertisement

Manfaatkan Status Bandara YIA, DPRD Kulonprogo Dorong Pemkab Membangun Asrama Haji

Newswire
Senin, 20 Mei 2024 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Manfaatkan Status Bandara YIA, DPRD Kulonprogo Dorong Pemkab Membangun Asrama Haji

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo didorong untuk pengadaan tanah sendiri untuk membangun asrama haji untuk menangkap peluang Yogyakarta Internasional Airport (YIA) atau Bandara YIA sebagai bandara internasional di DIY-Jawa Tengah. Hal dini diutarakan  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulonprogo.  

"Alangkah baiknya, dan lebih baik sekali, kalau pemkab melakukan pengadaan tanah sendiri," kata Akhid Nuryati di Kulonprogo, Minggu (19/5/2024).

Advertisement

Menurutnya, tanah yang benar-benar milik Pemkab Kulonprogo, maka pemkab dapat mengelola secara mandiri manajemen asrama haji tersebut secara utuh.

"Ke depan, baik pengelolaan dan pemanfaatannya seperti apa, benar-benar bisa kita manajemen karena semua menjadi kewenangan kabupaten," katanya.

Selain itu, kata Akhid, asrama haji dapat dimanfaatkan tidak hanya pada prosesi ibadah haji saja. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk lainnya, seperti adanya intervensi bupati supaya asrama haji dapat digunakan oleh biro umrah dan kerja sama dengan maskapai dan Angkasa Pura (AP) I.

Perjalanan umrah itu tidak terbatas waktu, dan bisa setiap waktu. Sehingga, asrama dapat termanfaatkan dengan optimal.

"Bahwa masyarakat yang mau umrah harus tinggal di asrama haji. Sehingga, di sana betul-betul ada dinamika pemanfaatan asrama bisa dinamis," katanya.

BACA JUGA: Hindari Antraks dan PMK Saat Iduladha, Hewan Masuk ke Kota Jogja Harus Punya SKKH

Dia juga mengatakan asrama haji bila dihitung dari kaca mata bisnis akan menguntungkan sekali. Untuk itu, Pemkab Kulonprogo harus benar-benar mempersiapkan secara matang, sumber daya manusia dan UMKM, serta OPD (organisasi perangkat daerah) terkait yang menyertai asrama haji.

"Pembangunan asrama haji harus dipersiapkan betul, jadi begitu bangunan berdiri sudah disiapkan skema pemanfaatan gedung," katanya.

Sebelumnya, Sekda Kulonprogo Triyono mengatakan Pemkab Kulonprogo telah mengeluarkan surat keputusan bupati pengangkatan Tim Percepatan Pembangunan Asrama Haji ditandatangani 9 Maret 2023.

Ia mengatakan, berdasarkan pembangunan asrama haji akan dilaksanakan mulai tahun ini sampai 2024. "Persoalan pengadaan tanah, masih menunggu izin dari Pemda DIY, dan dari Kraton," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Owa Jawa Terancam Punah, Tim Ekspedisi Lakukan Pendataan

News
| Sabtu, 28 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement