Advertisement

Dukung Pembangunan SDM, BPO dan DPRD DIY Gelar Sosialisasi Kepemudaan

Media Digital
Selasa, 21 Mei 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Dukung Pembangunan SDM, BPO dan DPRD DIY Gelar Sosialisasi Kepemudaan Suasana Sosialisasi Kepemudaan di Sinduharjo, Ngaglik pada Selasa (21/5/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati 

Advertisement

SLEMAN—Cita-cita kesejahteraan masyarakat tak bisa hanya diwujudkan melalui pembangunan fisik tanpa memperhatikan pembangunan manusia.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY melalui Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) bersama DPRD DIY berupaya memacu pembangunan pada sektor sumber daya manusia (SDM) lewat Sosialisasi Kepemudaan.

Advertisement

Dalam Sosialisasi Kepemudaan yang digelar di Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Kepala Seksi Pemuda BPO DIY, Rini Admiwati membahas pentingnya pembangunan SDM untuk menyongsong Indonesia Emas di 2045.

Pembangunan SDM tidak bisa dikesampingkan bila ingin membentuk generasi Indonesia Emas yang mandiri. "Tentu menjadi PR [pekerjaan rumah] bersama bagaimana SDM di kalangan pemuda ini selain memiliki pendidikan yang mewadahi juga memiliki life skill, keterampilan yang bisa mendukung dalam kehidupan mereka ke depan," kata Rini pada Selasa (21/5/2024).

Diutarakan Rini, pembangunan manusia berbeda dengan pembangunan fisik yang bisa langsung dilihat. Pembangunan manusia yang dilakukan saat ini bisa saja baru terlihat hasilnya beberapa tahun mendatang.

Misalnya bantuan pelatihan atau beasiswa yang baru terlihat hasilnya beberapa tahun mendatang. Karenanya Rini melihat perlunya peran wakil rakyat untuk ikut mendorong para pemuda agar mengakses program-program pelatihan yang ada di berbagai OPD di DIY.

Tujuannya satu, membekali generasi saat ini keterampilan sesuai potensinya untuk menyongsong Indonesia Emas kelak. "Harapannya nanti ke depan bapak ibu anggota Dewan yang ada di Komisi D khususnya yang menangani pendidikan dan kesejahteraan masyarakat bisa memberikan peluang kepada para pemuda untuk bisa mengembangkan dirinya. Sehingga kemampuannya bisa sesuai dengan minat, bakat dan potensi yang dimilikinya," ujarnya.

BACA JUGA: Sosialisasi Kepemudaan Diperluas, Pemuda Didorong Akses Beragam Pelatihan

Anggota Komisi D DPRD DIY, Rita Nurmastuti mengajak kalangan pemuda untuk mengenali potensi dirinya. Harapannya dengan bonus demografi yang terjadi di Indonesia, pemuda dapat mandiri dan tidak menjadi beban keluarga maupun pemerintah.

"Oleh karena itu OPD diminta menyiapkan program untuk membantu memberikan bekal kepada generasi muda ini sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dengan bekal yang diberikan, bonus demografi yang ada diharapkan dapat membuat pemuda berperan produktif untuk dirinya sendiri maupun masyarakat. Bahkan dalam cakupan lebih luas juga dapat berperan untuk negara. "Sesuai dengan yang dicanangkan, pada 2045 kita harus mencapai Indonesia Emas. Kita berikan program-program dari bermacam OPD agar bisa membekali pemuda," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement