Advertisement

Warga Ngasem Diajak Mengakses Program Kepemudaan

Media Digital
Minggu, 26 Mei 2024 - 19:24 WIB
Mediani Dyah Natalia
Warga Ngasem Diajak Mengakses Program Kepemudaan Anggota Komisi DPRD DIY Umarudin Masdar (ketiga kiri) menghadiri Sosialisasi Kepemudaan yang digelar di Ngasem, Kalurahan Timbulharjo, Sewon, Bantul, Sabtu (25/5/2024). Jumali - Harian Jogja

Advertisement

BANTUL—Banyak program kepemudaan milik Pemda DIY yang sejatinya dapat diakses untuk meningkatkan kompetensi diri para generasi muda. Sosialisasi terhadap program yang ada diperlukan agar para generasi muda, tidak hanya tahu tetapi juga bisa mengakses secara optimal program tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi D DPRD DIY Umaruddin Masdar di sela-sela Sosialisasi Kepemudaan yang digelar oleh DPRD DIY dan Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY di Ngasem, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (25/5/2024) malam WIB.

Advertisement

“Karena bagaimana pun, generasi muda merupakan pilar yang penting untuk mendorong perkembangan DIY,” katanya.

Ke depan, kata dia, para generasi muda ini akan meneruskan pembangunan. Oleh karena itu, para generasi pemuda ini juga perlu dibekali dengan pemahaman, pengetahuan, keterampilan dan karakter agar menjadi generasi yang unggul. “Untuk itu diperlukan bekal karakter yang baik. Sehingga mereka nantinya bisa mengembangkan keterampilan dan pengalamannya,” ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Saat ini, DPRD DIY bersama dengan Pemda DIY memiliki banyak program pelatihan yang dapat diakses generasi muda untuk mengembangkan kemampuan dan menambah

pengalaman. Tidak hanya pelatihan digital marketing, program yang bisa diakses oleh generasi muda di antaranya adalah pertukaran pelajar ke luar DIY. “Ada juga beasiswa bagi mahasiswa berprestasi,” ucap dia. Sosialisasi yang digelar kali ini tidak hanya sebatas memberikan informasi tentang program kepemudaan. Akan tetapi juga sebagai sarana menampung aspirasi dan saran, terlebih saat ini DPRD DIY tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembangunan Kepemudaan.

“Nantinya segala masukan akan kami masukkan dalam raperda agar jadi panduan untuk program-program yang berkaitan dengan kepemudaan di DIY,” katanya.

Kapasitas Pemuda

Kepala Seksi Pemuda BPO DIY Rini Admiwati berharap agar para generasi muda di DIY dapat memanfaatkan berbagai program yang disediakan oleh Pemda DIY.

Dengan begitu, kapasitas para generasi muda ini bisa meningkat. “Kami juga berharap melalui program ini, kami bisa mendapatkan masukan untuk penyempurnaan dalam penyusunan Raperda Pembangunan Kepemudaan,” katanya.

Dukuh Ngasem, Timbulharjo, Sewon, Bantul Dwi Retno Ningsih, berharap ke depan akan banyak kegiatan yang dilakukan di wilayahnya yang melibatkan anggota DPRD DIY dan Pemda DIY. “Tidak hanya sosialisasi kepemudaan. Karena semua untuk kemajuan masyarakat di dusun ini,” ucap Dwi Retno. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Buruh Bakal Demo di Depan Istana Negara Besok, Ini 7 Poin yang Dituntut

News
| Selasa, 02 Juli 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement