Advertisement

Daftar di 4 Partai, Begini Alasan Anggota DPR RI Sukamto Maju di Pilkada Sleman

David Kurniawan
Rabu, 29 Mei 2024 - 17:02 WIB
Sunartono
Daftar di 4 Partai, Begini Alasan Anggota DPR RI Sukamto Maju di Pilkada Sleman Anggota DPR RI Sukamto saat mengembalikan formulir di DPC PDIP Sleman. - Harian Jogja/David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Anggota DPR RI dari PKB, Sukamto mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah ke kantor DPC PDI Perjuangan Sleman, Rabu (29/5/2024). Selain di partai berlambang banteng moncong putih, ia juga telah ikut pencalonan di PKB, Golkar dan Gerindra.

“Saya juga akan mendaftar dalam penjaringan di PPP. Tapi, berkasnya belum dikembalikan,” kata Sukamto, Rabu siang.

Advertisement

Menurut dia, alasan mendaftar di banyak partai dikarenakan hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon sendiri. Adapun partai lain harus berkoalisi karena kursi dewan yang dimiliki tidak mencukupi untuk mengusung calon sendiri.

BACA JUGA : Pilkada Sleman, Anggota DPR RI Sukamto Ikut Berebut Rekomendasi di PDI Perjuangan

“Jadi harus berkoalisi. Makanya, saya tidak hanya ikut penjaringan di satu partai saja karena ini juga menjadi bagian dari komunikasi politik,” katanya.

Untuk posisi, ia mengincar sebagai bakal calon bupati. Kendati demikian, pada saat rekomendasi turun dan diperintah menjadi calon wakil bupati, maka siap mengemban tugas tersebut.

“Seperti penjaringan di PDI Perjuangan, saya tidak memilih salah salah satu karena siap dijadikan sebagai calon bupati maupun wakil bupati,” katanya.

Kendati demikian, untuk di internal PKB, ia mengaku mengincar posisi calon bupati. Hal ini tak lepas dari perintah Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar untuk maju bursa calon bupati di Sleman.

“Makanya saya tidak maju pileg DPR RI di DIY dan malah dicalonkan di dapil Jawa Tengah. sebab, diploting untuk maju di Pilkada Sleman,” ungkapnya.

Menurut dia, alasan maju dalam bursa pencalonan dikarenakan potensi yang ada di Sleman belum digarap secara optimal. Sukamto mengaku sebagai pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, tapi sudah menetap tinggal di Sleman sejak 1966 lalu.

“Masih banyak yang harus dioptimalkan potensinya. Contohnya Kaliurang yang jadi satu-satunya tempat dingin di DIY, tapi sejak pertama kali masuk hanya begini-begini saja. Saya ingin membuat gebrakan sehingga potensi yang dimiliki terkelola dengan maksimal,” katanya.

Selain berencana mengoptimalkan potensi daerah, ia juga mengaku siap memberikan kesejahteraan bagi Ketua RW dan RT di Sleman dengan memberikan insentif secara rutin tiap bulannya. “Ini juga bagian untuk memberikan kesejahteraan Masyarakat karena peran RT dan RW juga sangat vital. Saya yakin memiliki kemampuan, makanya siap maju dalam pencalonan,” katanya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sleman, Gustan Ganda mengatakan, sudah menerima berkas pendaftaran dari politikus PKB sekaligus  anggota DPR RI Sukamto. Menurut dia, berkas yang diberikan telah dinyatakan komplit, tapi dalam penjaringan tidak menyebut posisi secara spesifik.

BACA JUGA : Jaring 4 Nama untuk Pilkada, Golkar Sleman Terus Berburu Mitra Koalisi

“Ada pilihan mau jadi calon bupati atau wakil bupati, tapi tidak ada yang dicoret. Jadi, yang bersangkutan siap menjadi calon bupati maupun wakil,” katanya.

Menurut dia, penjaringan di partainya masih akan berlangsung hingga 31 Mei 2024. “Masih dibuka karena memang masih ada tokoh yang mau mendaftar sebelum penjaringan ditutup. Jadi, kami masih menuggunya karena ada rencana Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta mendaftar besok,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Udara Jakarta Selasa Pagi kembali Menempati Posisi Pertama Terburuk di Dunia

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement