Advertisement

Jaring 4 Nama untuk Pilkada, Golkar Sleman Terus Berburu Mitra Koalisi

David Kurniawan
Senin, 27 Mei 2024 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Jaring 4 Nama untuk Pilkada, Golkar Sleman Terus Berburu Mitra Koalisi Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—DPD Golkar Sleman tinggal menunggu rekomendasi siapa yang diusung di Pilkada 2024. Partai Pohon Beringin ini sekarang fokus mencari mitra koalisi agar bisa mengusung calon secara bersama-sama.

Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi mengatakan proses penjaringan di partainya sudah selesai. Total ada empat nama yang diajukan ke DPP untuk mendapatkan tiket maju pilkada dari Partai Golkar.

Advertisement

Keempat nama itu masing-masing adalah Mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya; Lurah Condongcatur, Reno Candrasangaji; kader internal sekaligus anggota DPRD DIY, Nurcholis Suharman; dan akademisi salah satu universitas di Magelang, Chaidir Iswanaji. “Nama-nama yang ikut penjaringan sudah kami serahkan ke DPP. Sekarang tinggal menunggu rekomendasi yang akan diusung di Pilkada Sleman,” katanya, Senin (27/5/2024).

Menurut dia, sebelum rekomendasi keluar, DPP akan melakukan survei terkait dengan popularitas hingga tingkat keterpilihan di Masyarakat. Meski demikian, Janu mengakui hingga sekarang belum ada bocoran berkaitan dengan hasil survei yang dilakukan DPP. “Intinya untuk penjaringan sudah selesai. Tinggal menunggu rekomendasi siapa yang akan diusung,” katanya.

Janu menambahkan, saat ini fokus untuk mencari mitra koalisi. Ia berdalih dengan perolehan enam kursi di DPRD Sleman belum mencukupi guna mengusung calon sehingga harus berkoalisi dengan partai lain. “Untuk bisa maju syaratnya harus mengantongi minimal 10 kursi di DPRD Sleman. jadi, kami harus berkoalisi dengan partai lain,” katanya.

BACA JUGA: Kembali Usung Kustini di Pilkada Sleman, PAN Tak Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati

Hingga sekarang dia mengaku sudah menjali komunikasi dengan sejumlah partai mulai dari PDI Perjuangan, PKB, PKS, Gerindra, PPP hingga NasDem. “Kami masih berusaha membangun komunikasi dengan partai lain untuk mengusung calon secara bersama-sama,” katanya.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman, Koeswanto mengatakan, secara perolehan kursi partainya bisa mengusung calon sendiri. Meski demikian, ia tetap membuka peluang koalisi dengan partai lain. “Koalisi itu perlu untuk memperkuat dukungan,” katanya.

Dia menjelaskan, proses penjaringan sendiri sudah memperoleh sejumlah nama seperti pasangan petahana Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Danang Maharsa. Selain itu juga ada mantan Sekda Sleman Harda Kiswaya. “Ketiganya sudah kami panggil untuk mengetahui keseriusan maju di pilkada. Kemungkinan rekomendasi siapa yang diusung akan muncul pada Juli mendatang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement