Advertisement

Pilkada Sleman, Anggota DPR RI Sukamto Ikut Berebut Rekomendasi di PDI Perjuangan

David Kurniawan
Selasa, 28 Mei 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Pilkada Sleman, Anggota DPR RI Sukamto Ikut Berebut Rekomendasi di PDI Perjuangan Sukamto PKB.dok - pkb

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Anggota DPR RI dari PKB, Sukamto ikut meramaikan bursa calon kepala daerah di DPC PDI Perjuangan Sleman. Rencananya penjaringan di partai banteng moncong putih ini ditutup di 31 Mei 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman, Koeswanto mengatakan, penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di partainya sudah dibuka mulai 29 April hingga 31 Mei. Ia memastikan penjaringan ini terbuka untuk umum sehingga siapa pun yang ingin meramaikan kontestasi Pilkada Sleman dipersilahkan mendaftar.

Advertisement

Hingga sekarang, bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran antara lain Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya. Menurut dia, diperkirakan jumlah peminat masih akan bertambah.

“Kemarin [Senin 27/5/2024] utusan dari Pak Kamto [Anggota DPR RI dari PKB] sudah mengambil formulir pendaftaran,” katanya, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA: Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

Meski berasal dari partai yang berbeda, namun Koeswanto menyambut baik minat baik dari politikus PKB meramaiman bursa pencalonan di partainya. “Sejak awal kita memang terbuka. Jadi, siapa saja yang berminat bisa mendaftar. Untuk pengembalian formulir pendaftaran kami tunggu hingga penjaringan ditutup di 31 Mei,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, bakal calon yang mendaftar juga masih akan bertambah. Pasalnya, pada Selasa siang ada informasi seorang praktisi media nasional atas nama Fourista Handayanto Salasa akan mengembalikan formulir pendaftaran.

“Kami mengingatkan, meski penjaringan terbuka untuk umum. Tapi, kewenangan yang memberikan rekomendasi sepenuhnya diserahkan ke DPP,” katanya.

Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi mengatakan, proses penjaringan di partainya sudah selesai. Total ada empat nama yang diajukan ke DPP untuk mendapatkan tiket maju pilkada dari Partai Golkar.

Empat nama ini di antaranya, Mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya; Lurah Condongcatur Reno Candrasangaji. Selanjutnya ada kader internal sekaligus Anggota DPRD DIY, Nurcholis Suharman dan akademisi salah satu universitas di Magelang, Chaidir Iswanaji.

“Nama-nama yang ikut penjaringan sudah kami serahkan ke DPP. Sekarang tinggal menunggu rekomendasi yang akan diusung di Pilkada Sleman,” katanya.

BACA JUGA: Rakernas Selesai, PDIP Tetapkan Kriteria Menjaring Calon untuk Pilkada 2024

Janu menambahkan, saat ini fokus untuk mencari mitra koalisi. Ia berdalih dengan perolehan enam kursi di DPRD Sleman belum mencukupi guna mengusung calon sehingga harus berkoalisi dengan partai lain.

“Untuk bisa maju syaratnya harus mengantongi minimal sepuluh kursi di DPRD Sleman. jadi, kami harus berkoalisi dengan partai lain,” katanya.

Hingga sekarang ia mengaku sudah menjali komunikasi dengan sejumlah partai mulai dari PDI Perjuangan, PKB, PKS, Gerindra, PPP hingga NasDem. “Kami masih berusaha membangun komunikasi dengan partai lain untuk mengusung calon secara bersama-sama,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Owa Jawa Terancam Punah, Tim Ekspedisi Lakukan Pendataan

News
| Sabtu, 28 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement