Advertisement

Suhu Udara di Tanah Suci hingga 42 Derajat Celsius, Jemaah Haji Bantul Alami Gejala Batuk

Jumali
Kamis, 06 Juni 2024 - 15:47 WIB
Maya Herawati
Suhu Udara di Tanah Suci hingga 42 Derajat Celsius, Jemaah Haji Bantul Alami Gejala Batuk Jemaah haji / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul memastikan hingga saat ini belum ada jemaah haji dari wilayahnya yang meninggal dunia di Tanah Suci. Sejauh ini, baru ditemukan sejumlah jemaah haji yang mengalami gejala sakit batuk, karena cuaca di Tanah Suci.

"Sampai saat ini semua jemaah aman. Ada beberapa yang memang mengalami gejala sakit batuk, karena di sana saat ini cuacanya memang mencapai 42 derajat celsius. Saat ini mereka pun telah mendapatkan perawatan," kata Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bantul Maskur Ashari, Kamis (6/6/2024) siang.

Advertisement

Ia juga menambahkan, selain gejala sakit batuk, ada satu jemaah yakni jemaah tertua, yakni Somowiyono Rukiyem, 92, yang sempat mengaku tidak kerasan selama di Tanah Suci. Jemaah asal Srimulyo, Piyungan itu mengaku kangen dengan rumah dan keluarganya.

BACA JUGA: Hari Ini Harga Cabai Rawit Mahal

"Namun, setelah dinasihati oleh petugas ibadah, akhirnya masalah tersebut bisa teratasi. Karena berusia lanjut, maka ke mana-mana sekarang memakai kursi roda," ungkap Maskur.

Diakui Maskur, dari 1.044 orang jemaah haji asal Bantul yang ada di Tanah Suci, 35% merupakan jemaah lansia. Agar pelaksanaan haji berjalan lancar, ada petugas haji khusus yang disiapkan oleh Kemenag untuk melayani lansia. Selain itu, sebelum berangkat ke Tanah Suci, para jemaah kata Maskur, juga telah dilakukan pengecekan kesehatan dan diberikan vaksin meningitis. "Jadi sejak awal memang sudah dilakukan antisipasi," katanya.

Untuk saat ini, ungkap, Maskur, para jemaah haji asal Bantul telah menjalani umroh wajib. Mereka tinggal menunggu pelaksaanan haji pada 8 Dulhijah, termasuk menjalani wukuf di Arafah, mabit muzdalifah dan melontar jumrah. "Jadi sementara sambil menunggu, mereka banyak yang beraktivitas ke Masjidil Haram dan ada yang sebagian melakukan tawaf," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

News
| Senin, 24 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement