Advertisement

Perkenalkan Satrio Bimo, Sapi Kurban Jokowi di Jogja Ternyata Milik Anggota Polsek Sewon Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 11 Juni 2024 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Perkenalkan Satrio Bimo, Sapi Kurban Jokowi di Jogja Ternyata Milik Anggota Polsek Sewon Bantul Satrio Bimo, sapi milik Aipda Zuli Nuryanto, Anggota Polsek Sewon yang terpilih sebagai hewan kurban Jokowi pada Iduladha 1445 H. (Dok. Humas Polres Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sapi Peranakan Ongole (PO) milik anggota Polsek Sewon, Bantul terpilih menjadi hewan kurban Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sapi bernama Satrio Bimo tersebut bobotnya hampir 1 ton. Sapi itu kini mendapat pengawasan ketat dari Dinas Pertanian dan Pangan (DKPP) Bantul.

Advertisement

Pemilik sapi PO, Aipda Zuli Nuryanto mengaku tidak menyangka sapi miliknya akan dipilih Presiden Jokowi sebagai hewan kurban pada Iduladha 1445 H. 

BACA JUGA: Abimanyu, Sapi Kurban Pilihan Jokowi dari Sleman Milik Anak Yatim

BACA JUGA: Kisah Peternak Sleman Merawat Sapi Black Boss hingga Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

"Padahal, beberapa sapi dari peternak di Bantul diajukan dan mengikuti seleksi sapi kurban Presiden," ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Namun, sapi miliknya dinyatakan lolos dan layak terkait kesehatan dan berat sapi tersebut. Sapi jenis PO tersebut beratnya memcapai 934 kilogram. 

Zuli menuturkan mengetahui informasi mengenai sapi miliknya terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi dari Sekretariat Presiden. 

"kami mengajukan tugas sapi untuk diseleksi sebagai hewan kurban Presiden, ternyata salah satu sapi kami terpilih dan dikehendaki Jokowi untuk hewan kurbannya," katanya.

Dia menuturkan sapi miliknya merupakan satu dari 10 sapi dari peternak Bantul yang didaftarkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul untuk diseleksi oleh tim Pemda DIY dan pemerintah pusat sebagai sapi kurban untuk Presiden Jokowi.

Zuli tidak menyebutkan secara pasti harga sapi tersebut, dia menuturkan hampir Rp100 juta. Dia mengaku sudah menggeluti usaha peternakan tersebut sejak 2009. Dia mengaku turun langsung untuk merawat sapi-sapi tersebut disela pekerjaannya di Polsek Sewon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Grace Natalie Bantah Isu Jokowi Sodorkan Kaesang di Pilkada

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement