Advertisement

PWI DIY Potong 10 Hewan Kurban untuk Warga Sekitar, Pensiunan dan Janda Wartawan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 19 Juni 2024 - 18:57 WIB
Abdul Hamied Razak
PWI DIY Potong 10 Hewan Kurban untuk Warga Sekitar, Pensiunan dan Janda Wartawan Suasana pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di komplek kantor PWI DIY, Rabu (19/6 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Penyembelihan hewan kurban di komplek kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jalan Gambiran Yogya berlangsung lancar, Rabu (19/6/2024).

Jumlah hewan kurban yang disembelih pada tahun ini sebanyak 10 ekor domba. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari keluarga besar PWI DIY maupun sejumlah mitra.

Advertisement

Ketua PWI DIY Hudono mengatakan pada tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih 11 ekor domba dan kambing, sedangkan tahun ini 10 ekor domba. PWI, lanjutnya, mengapresiasi dan berterimakasih kepada segenap sohibul kurban maupun pendukung (donatur) kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Temukan Cacing Hati di 36 Hewan Kurban di Kulonprogo

“Alhamdulillah, kami dari PWI DIY dengan kepanitian khusus dapat istiqomah melaksanakan penyembelihan hewan kurban," katanya di sela kegiatan.

Penurunan jumlah hewan kurban, sebut Hudono, karena kurangnya sosialisasi peyembelihan hewan kurban di lingkungan PWI DIY. Sebagian keluarga besar PWI DIY maupun mitra sudah lebih dahulu menyalurkan hewan kurbannya ke tempat lain.

Dia berharap, untuk tahun depan, sosialisasi pemotongan hewan kurban di PWI DIY bisa lebih awal agar kualitas pelaksanaannya jauh lebih baik dan dari kuantitas hewan kurban bisa lebih banyak. "Ini kami jadikan evaluasi," katanya.

Hudono pun berharap, rangkaian kegiatan tersebut semakin dapat meningkatkan ketakwaan maupun keimanan kepada Allah SWT, memberi banyak kemaslahatan untuk umat dan bagian dari mendukung syiar Islam.

“Pendistribusian daging hewan kurban seperti tahun-tahun sebelumnya, antara lain untuk warga sekitar kantor PWI DIY, keluarga besar PWI DIY, pensiunan maupun janda wartawan yang dipandang berhak untuk menerima,” terangnya.

Adapun sohibul kurban yang mempercayakan penyembelihan hewan kurban di PWI DIY pada tahun ini terdiri dari, Sigit Purwita, Bernard Rizky bin Heru Jarot, HM Afnan Hadikusumo, Mataram Utama FC dan HM Idham Samawi.

Masih ada lagi, H Hudono, Nuryadi, Gembira Loka (GL) Zoo, Ngabdul Wakid dan Sulistyanto. Lalu sebagai donatur kegiatan, misalnya Bank BPD DIY, Muhammad Ali serta Dr H Achiel Suyanto S SH MH MBA.

Sedangkan untuk mempercepat tahapan penyembelihan serta kelet hewan kurban, PWI DIY menggandeng Yunatan dan rekannya (praktisi jagal/ kelet dari salah satu rumah potong hewan di Yogya).

Sementara itu, kulit hewan kurban disedekahkan ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren (PP) Al Amin Gedongkuning Yogya. Perwakilan yang mengambil kulit terdiri dari Asih Wiyono, Ibrahim Hasanudin, Yuga Azzam Al Fais dan Hardian Tabah.

Sebagai pengasuh Al Amin, Effendie Rimawan mengungkapkan sangat berterima kasih dengan sedekah kulit hewan kurban tersebut, antara lain dapat digunakan sebagai tambahan biaya operasional panti asuhan/PP setempat.

Ia pun mendoakan, semoga amal kebaikkan keluarga besar PWI DIY diterima Allah SWT, selalu mendapat rahmat-barokah-Nya dan kemitraan PWI DIY dengan berbagai pihak termasuk Al Amin bisa terus terjaga.

“Semoga juga, PWI DIY bisa selalu istiqomah melaksanakan penyembelihan hewan kurban setiap tahunnya dengan sebaik mungkin, Amin,” ungkap Effendie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gaji Pokok Tidak Naik 12 Tahun, Mulai 7 Oktober Solidaritas Hakim se-Indonesia Mogok Sidang

News
| Sabtu, 28 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement