Advertisement

PPDB Kulonprogo Hari Pertama Diklaim Lancar, Akses Internet Tak Ada Kendala

Triyo Handoko
Rabu, 19 Juni 2024 - 20:07 WIB
Abdul Hamied Razak
PPDB Kulonprogo Hari Pertama Diklaim Lancar, Akses Internet Tak Ada Kendala Suasana Posko PPDB Kulonprogo yang berada di kantor Disdikpora dimana para orang tua dapat mengajukan konsultasi untuk mengatasi kendala yang dihadapinya, Rabu (19/6 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB di Kulonprogo untuk jenjang SMP jalur zonasi dan afirmasi pada hari pertama, Rabu (19/6/2024) berjalan lancar. Tak ada kendala jaringan internet berarti saat proses PPDB yang sepenuhnya menggunakan sistem online itu.

Orang tua atau siswa yang tak memiliki akses internet dibantu sekolah lamanya untuk mengikuti proses PPDB. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo juga telah mensosialisasikan prosedural PPDB itu hingga berkoordinasi dengan dukuh-dukuh ke seluruh Bumi Binangun agar membantu warganya yang mengikuti proses tersebut.

Advertisement


BACA JUGA: PPDB SMA/SMK DIY 2024: Puluhan Orang Tua Datangi Balai Dikmen Gunungkidul, Telat Menginput Data

Kepala Bidang SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti menjelaskan pada Rabu (19/6/2024) bahwa kebanyakan kendala akses internet dalam PPDB terjadi di kawasan Perbukitan Menoreh. "Tapi sudah teratasi dengan baik, kami himbau agar SD membantu para anak-anak lulusannya, terutama menyediakan akses internet untuk mengikuti PPDB," jelasnya.

Dorojatun menerangkan Disdikpora Kulonprogo juga menyediakan kanal aduun melalui WhatsApp dan Posko PPDB di kantornya. "Hari pertama ini semuanya berjalan lancar, server bekerja dengan baik, tidak ada kendala berarti," paparnya.

PPDB hari pertama yang dimulai dengan jalur zonasi dan afirmasi ini, jelas Dorojatun, akan dibuka hingga Jumat (21/6/2024) mendatang. "Terkait zonasi kami juga menggunakan data kartu keluarga (KK) agar mencegah kecurangan juga," tuturnya.

Jalur PPDB yang cukup ketat persaingannya di Kulonprogo, menurut Dorojatun, adalah jalur prestasi. "Kalau dibanding kota/kabupaten lain memang jalur zonasi dan afirmasi ini cukup tak begitu ketat, yang ketat malah jalur prestasi dimana dibuka pendaftarannya pada Senin (24/6/2024) mendatang," ungkapnya.

Sementara itu PPDB untuk jenjang SMA, sambung Dorojatun, relatif lancar juga dimana tahapannya masih pembuatan akun token pendaftaran. "Kami juga koordinasi dengan Disdikpora DIY untuk pelaksanaan PPDB jenjang SMA, kami juga sediakan akses internet untuk siswa SMP yang lulus dan akan mendaftar ke SMA pilihannya terutama di wilayah perbukitan," terangnya.

Pantuan Harian Jogja pada Posko PPDB Kulonprogo yang berada di kantor Disdikpora menunjukan tak ada kendala berarti. Orang tua yang mengunjungi posko tersebut terbilang sedikit juga, sekitar belasan orang sehingga dalam konsultasi PPDB tak ada antrian.

Konsultasi para orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya ke jenjang SMP itu didominasi karena data anaknya tak muncul dalam sistem PPDB. Perbaikan data siswa juga dilakukan dengan cepat, selain itu konsultasi yang dilakukan orang tua juga terkait kejelasan informasi proses PPDB.

Salah satu orang tua yang mengajukan konsultasi PPDB di Posko yaitu Sri Widiastuti, warga Kapanewon Wates menyebut ada ketidakcocokan data anaknya. "Sudah diperbaiki data yang salahnya, cepat prosesnya dan mudah," terangnya.

Widiastuti menyebut cuku terbantu dengan adanya Posko PPDB tersebut. "Sempat khawatir tidak bisa daftar tapi alhamdulillah bisa, informasi yang diberikan juga sudah sangat jelas, jadi sangat membantu sekali," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement