Advertisement

Libur Sekolah 2024, Berikut Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Ujang Hasanudin
Kamis, 20 Juni 2024 - 08:17 WIB
Ujang Hasanudin
Libur Sekolah 2024, Berikut Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja Taman Pintar. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Pintar merupakan salah satu  destinasi wisata edukasi di Kota Jogja yang banyak diminati para pelajar. Tidak heran jika Taman Pintar selalu ramai saat momentum liburan terutama liburan sekolah.

Disebut Taman Pintar karena di kawasan ini para siswa atau pengunjung, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi melalui berbagai wahana.

Advertisement

Untuk tiket masuk Taman Pintar, destinasi wisata milik Pemkot Jogja itu telah melakukan penyesuain per Januari 2024 melalui Perda Nomor 10 Tahun 2023. Kenaikan tarif masuk bervariasi setiap wahana.

Namun, kenaikannya tak signifikan. Rata-rata hanya naik sebesar 3 persen. Misalnya, tarif masik Gedung Oval Kotak yang semula dibanderol Rp12 ribu untuk anak dan Rp20 ribu untuk dewasa, kini berubah harga menjadi Rp 14 ribu untuk anak dan Rp 24 ribu untuk dewasa.

"Lalu ada Wahana Program Kreativitas seperti Kreasi Batik yang semula Rp18 ribu jadi Rp20 ribu, Kreasi Gabar semula Rp 13 ribu jadi Rp 15 ribu, dan berbagai wahana lainnya," kata  Kasi Pemasaran dan Kerja Sama Taman Pintar Karmila beberapa waktu lalu dilansir dari Harian Jogja

Mila menuturkan, rombongan akan dikenai tarif yang berbeda. Selain itu, juga ada sejumlah prosedur untuk pemesanan tiket rombongan. Misalnya, mendaftarkan kunjungan dengan mengirim surat pemberitahuan. Lalu, untuk pembelian 20 tiket akan ada gratis satu tiket masuk khusus Gedung Oval Kotak dan Planetarium.

"Untuk rombongan sekolah, guru bisa mendapatkan harga tiket masuk anak. Dengan maksimal jumlah guru 10 persen dari jumlah rombongan. Kalau melebihi 10 persen, sisanya akan dikenai tarif dewasa," jelasnya.

BACA JUGA: HTM Gembira Loka Naik Jadi Segini Selama Libur Iduladha dan Liburan Sekolah 2024

Berikut harga tiket masuk Taman Pintar:

Mila menyatakan penyesuai tiket masuk ini tidak menyurutkan animo masyarakat untuk berkunjung ke Taman Pintar.

Sementara sejumlah wahana di taman Pintar di antaranya seperti dilansir dari laman resmi taman Pintar:

Zona Pengolahan Sampah

Zona Pengolahan Sampah merupakan hasil kerjasama dengan Resource Recovery and Waste Utilization (RRWM) PIAT UGM. Zona ini terletak di sisi Barat Gedung Oval, tepatnya di Utara Perpustakaan Taman Pintar. Pengunjung dapat masuk ke zona ini secara gratis.

Dalam Zona Pengolahan Sampah terdapat empat lokasi dengan edukasi cara mengolah sampah organik yang berlainan yaitu dengan biopori, komposter komunal, cacing, dan lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF). Zona ini dibangun sebagai lokasi pengolahan sampah organik milik Taman Pintar sekaligus wahana edukasi untuk pengunjung. Setiap metode pengolahan dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan proses yang digunakan. Pengunjung diharapkan mampu memahami proses pengolahan sampah organik yang sederhana dan mudah dilakukan.

Wahana Bahari

Petualangan singkat mengelilingi miniatrur perairan dengan kapal mini

Science Theater

Science Theater adalah gedung audiovisual yang berkapasitas 50 - 60 orang. Gedung ini biasa digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Science Theater terletak di sebelah Perpustakaan Taman Pintar atau di area barat Taman Pintar. 

Playground

Playground ini berisi sejumlah wahana permainan

Zona Perpustakaan Taman Pintar

Perpustakaan Taman Pintar di desain unik,luas, dan nyaman. Di sini pengunjung dapat menemukan banyak ragam buku untuk dibaca di dalam. Selain itu, perpustakaan Taman Pintar menyediakan beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains berbentuk film animasi. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan panggung boneka di Perpustakaan seminggu sekali.

Kampung kerajinan ini merupakan wahana ajang kreasi batik, grabah, lukis grabah hingga lukis kaos

Gedung Paud

Terdapat 2 gedung PAUD Taman Pintar, PAUD Barat dan PAUD Timur yang menawarkan alat peraga Pendidikan interaktif yang dikhususkan untuk anak-anak usia 3 hingga 7 tahun. Pada zona ini anak-anak akan dikenalkan pada pengetahuan sains dan teknologi tanpa meninggalkan konsep bermain. Dipandu oleh pemandu yang memahami konsep perkembangan anak usia dini dan komunikatif serta peduli pada anak.

Zona PAUD Taman Pintar bisa menjadikan alternatif pembelajaran Sains dan Teknologi yang menarik bagi anak.

PAUD BARAT :

Ruang Bermain Lego
Sains dan Teknologi
Ruang Bermain Profesi
Perpustakaan
Komputer Kids

PAUD TIMUR:

Ruang Flora & Fauna
Ruang Olahraga
Ruang Bermain Alat Musik
Panggung Pertunjukan
Ruang Laktasi

Planetarium

Planetarium Taman Pintar, memiliki keistimewaan yaitu penggunaan proyektor digital untuk memperagakan benda-benda langit, dalm setiap pertunjukan menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari beserta berbagai macam bEnda angkasa dan susunan bintang yang tampak pada saat itu.

Pertunjukan dilanjutkan dengan pemutaran film tentang perjalanan manusia di Bulan. Semua diproyeksikan pada media kubah berbentuk setengah lingkaran, dilengkapi dengan kursi penonton bersandaran yang bisa direbahkan, sehingga seluruh pertunjukan bisa dinikmati dengan nyaman.

Gedung Kotak

Gedung kotak berisi Zona Teknologi Populer, Zona Kebaikan Air, Lorong Ilusi, Zona TEPI TV, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Go Nature Go Carton, Zona Fisika, Zona Cuaca, Zona Sea Life, Zona Anti Narkoba, Zona Kehidupan tata Surya, Zona Sahabat Pemberani KPK

Gedung OVAl

Zona Listrik, Zona Jembatan Sains, Zona Biologi, Zona Fisika, Zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi, Aquarium air tawar,  Dome Area, Zona Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement