Advertisement

Jangan Sampai Terlewat! Berikut Tahap Seleksi PPDB Online Tingkat SMA Dimulai Besok

Alfi Annisa Karin
Minggu, 23 Juni 2024 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jangan Sampai Terlewat! Berikut Tahap Seleksi PPDB Online Tingkat SMA Dimulai Besok PPDB Online - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TEGALREJO— Calon peserta didik maupun orang tua wajib bersiap. Seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online akan dimulai besok, Senin (24/6/2024).

Koordinator PPDB Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kota Jogja Agus Budi Santosa mengingatkan masyarakat jangan sampai time line ini terlewat. Menurutnya, pada beberapa alur sebelumnya masih banyak calon peserta didik yang melewatkan salah satu alur, sehingga proses terpaksa dilakukan secara offline di Kantor Balai Dikmen Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA: Proses PPDB SMP di Bantul Dimulai Senin 24 Juni, Cek Ketentuan Zonasi, Jenis Jalur dan Jadwal Pendaftaran di Sini

Agus mengatakan proses seleksi hanya dilakukan selama 4 hari. Seleksi akan dimulai pukul 08.00 WIB di website ppdb.jogjaprov.go.id. Tanggal 24-25 Juni merupakan seleksi bagi jalur Zonasi Radius, Afirmasi, dan Perpindahan Orang Tua.

“Rabu sampai dengan Kamis, 26-27 Juni 2024 merupakan seleksi untuk jalur Zonasi Reguler dan Prestasi,” ujar Agus.

Sebelum melakukan seleksi, calon peserta didik telah menjalani serangkaian tahap verifikasi berkas. Mulai dari input data bagi calon peserta didik dari luar DIY, cek NIK dan pengajuan data kependudukan, maupun pendataan radius. Ada juga verifikasi bagi jalur Afirmasi, verifikasi penambahan nilai non-akademik, hingga verifikasi jalur perpindahan tugas orang tua.

Agus mengingatkan peserta didik maupun orang tua, jangan sampai ketinggalan pada tahap seleksi. Sebab, pada tahap verifikasi beberapa waktu lalu pihaknya menemui hampir ratusan calon peserta didik yang ketinggalan pada tahap verifikasi.

“Misalnya verifikasi jalur afirmasi. Setiap hari setidaknya ada 20 orang yang melakukan pengurusan secara offline di Balai Dikmen. Sampai hari terakhir (21 Juni) sekitar 100-an,” imbuhnya.

Kepala Seksi Layanan Pendidikan Balai Dikmen Kota Jogja Titien Nur Rahmawati menuturkan pemberhentian proses seleksi online akan dilakukan pada tanggal 27 Juni 2024 pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, pengumuman akan dilakukan pada 28 Juni 2024 di sekolah masing-masing.

Titien menambahkan, jika ada peserta didik yang ternyata tak lolos seleksi jalur apapun, maka masih ada kesempatan untuk kembali mendaftar pada tanggal 3 Juli. Ini merupakan jalur pendaftaran dan seleksi untuk pemenuhan daya tampung sekolah.

“Dengan syarat siswa sudah mendafta, selama kuotanya ada. Biasanya kan ada yang mengundurkan diri, itu kan mungkin ada. Pemenuhan rombelnya, itu nanti yang kemarin sudah daftar tapi kelempar istilahnya, nanti bisa,” jelas Titien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement