Advertisement

Sepak Terjang Wagner Lopes yang Kini Jadi Pelatih PSS

Catur Dwi Janati
Jum'at, 28 Juni 2024 - 10:27 WIB
Ujang Hasanudin
Sepak Terjang Wagner Lopes yang Kini Jadi Pelatih PSS Pelatih Kepala PSS Sleman, Wagner Lopes. - Istimewa // PSS

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Teka-teki sosok yang bakal menduduki kursi kepelatihan PSS Sleman resmi terkuak. Nama pelatih yang malang melintang di Brasil, Wagner Lopes dipastikan akan menahkodai skuat Super Elja untuk mengarungi Liga 1 musim 2024/2025.

Nama Wagner Lopes mungkin tak asing bagi publik Asia. Pelatih berkebangsaan Brasil-Jepang tersebut menjadi salah satu pemain kunci Jepang pada tahun 1998 menuju ke Piala Dunia pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Sementara di posisi pelatih, pria berusia 55 tahun ini memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih dari tim Paulista FC pada tahun 2005. Di sana, Wagner langsung merasakan gelar juara Copa Do Brasil. Tak lama, Wagner ditunjuk sebagai pelatih kepala tim tersebut pada tahun 2009. Dua tahun berselang tepatnya di 2011, Wagner berhasil meraih gelar perdana sebagai pelatih kepala di Copa São Paulo.

Advertisement

Setelah capaian mentereng tersebut, Wagner kembali ke Jepang. Kali ini bukan menjadi pemain melainkan menjadi asisten pelatih Gamba Osaka pada tahun 2012. Setelah dari Gamba, Wagner selanjutnya melanglang buana ke berbagai tim di Brasil hingga akhirnya berlabuh ke Bumi Sembada musim ini.

Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa mengungkapkan bila pengalaman panjang Wagner di dunia sepak bola menjadi salah satu alasan PSS meminangnya. 

BACA JUGA: Wagner Lopes Resmi Jadi Pelatih PSS Sleman di Liga 1 Musim 2024/2025

"Wagner Lopes kami tunjuk sebagai pelatih kepala PSS musim ini. Pengalaman serta cara bermain menjadi salah satu alasan kami merekrutnya menjadi pelatih," ujar kata Gusti pada Kamis (27/6/2024).

Salah satu pencapaian tertinggi Wagner sebagai pelatih terwujud pada tahun 2019 saat memimpin klub Brasil, Atletico-GO. Dia berhasil membawa klub tersebut juara Campeonato Goiano dengan catatan 31 kemenangan, 16 imbang, dan 9 kali kalah dari 56 laga.

Masuknya pelatih yang lahir di Franca, Brasil ini sekaligus menggeser posisi Risto Vidakovic yang menempati kursi pelatih kepala sebelumnya. Penyegaran serta target yang lebih tinggi menjadi salah satu dasar pergantian juru taktik ini dilakukan oleh Laskar Sembada.

"Kami sudah sering jelaskan kalau target PSS di musim ini adalah enam besar. Jadi kami merasa butuh penyegaran terutama dalam segi pelatih kepala," tegasnya.

 Gusti membocorkan bahwa pelatih pemegang lisensi CBF Pro tersebut akan segera tiba di Indonesia dan memimpin latihan tim.

"Wagner tentu akan segera memimpin latihan tim bersama jajaran kepelatihannya. Pekan depan nanti mereka bisa bergabung bersama tim dan mempersiapkan diri untuk menyambut musim baru," tegasnya.

Tak sendiri, Wagner nantinya akan didampingi sejumlah wajah baru dalam jajaran tim pelatih. 

Jajaran Kepelatihan Tim PSS Musim 2024/25:

Pelatih Kepala: Wagner Augusto Lopes

Asisten Pelatih: Ansyari Lubis 

Pelatih Fisik: William Schmidt

Pelatih Kiper: Andre Croda Borges

Asisten Pelatih Kiper: Amiruddin

Pelatih Analis: Antonio Gabriel Silva Silvera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bazar di Pasar Seni Gabusan Bantul Digelar untuk Pengembangan Usaha Mikro

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement