Advertisement

DPAD DIY Usung Tema Aktual untuk Dibahas bersama Warga

Media Digital
Jum'at, 28 Juni 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
DPAD DIY Usung Tema Aktual untuk Dibahas bersama Warga Suasana bedah buku yang digelar DPAD DIY di Joglo Donowarih, Sidokarto, Godean pada Jumat (28/6/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar agenda bedah buku di 220 titik di wilayah Bumi Mataram. Dalam agenda ini, DPAD membawa dan membedah sejumlah buku yang berkaitan dengan potensi desa maupun isu-isu aktual yang tengah dihadapi oleh masyarakat.

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis DPAD DIY, Rakhmat Sutopo menerangkan hingga Jumat (28/6/2024), total ada 108 titik yang disasar dalam program bedah buku di 2024.

Advertisement

Jumlah ini sudah mencapai 50% dari lokasi yang menjadi sasaran bedah buku DPAD DIY. Jika setiap lokasi bedah buku diikuti 150 peserta, maka setidaknya ada 18.000 masyarakat yang terliterasi dari acara bedah buku yang diadakan DPAD dan DPRD DIY ini. "Artinya, dalam kampanye untuk menambah minat baca dan gemar membaca, sudah banyak masyarakat yang terjangkau," kata Sutopo dalam acara bedah buku berjudul Cerdas Mengelola Sampah Mandiri Bersama Komunitas yang digelar di Joglo Donowarih, Sidokarto, Godean, Jumat.

Apabila masyarakat yang datang dalam bedah buku terpantik untuk membaca, Sutopo menilai hal itu merupakan kemajuan yang pesat. "Kalau masyarakat yang datang tersentuh kemudian mau dan menjadi gemar membaca, maka hal itu merupakan kemajuan pesat yang dicapai masyarakat," katanya.

Terlebih, tema yang diangkat pun selalu aktual dengan situasi terkini. Misalnya dalam persoalan sampah, DPAD DIY mengajak masyarakat untuk membaca, sekaligus mengedukasi masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah secara mandiri.

"Peran kami mengedukasi masyarakat untuk mengajak mengelola sampah di tingkat rumah tangga masing-masing. Hal ini sesuai dengan ketugasan kami," katanya.

Program bedah buku yang digelar tak sekadar mengejar tingkat kegemaran membaca secara nasional. Lebih dari itu, tujuan utama dari program ini yakni menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membaca. "Angka itu hanya bonus, yang kami inginkan kesadaran masyarakat untuk membaca bisa terus tumbuh," ujarnya.

Bedah buku yang di Joglo Donowarih, Sidokarto, Godean, membahas tema aktual tentang sampah, yakni buku berjudul Cerdas Mengelola Sampah Mandiri bersama Komunitas.

Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan, yang hadir dalam bedah buku mengatakan tema sampah ini beberapa kali diulas dalam agenda bedah buku DPAD DIY dengan sasaran masyarakat yang berbeda-beda. "Tentunya agar memberikan salah satu solusi praktis untuk bagaimana mengurangi masalah sampah," kata Sofyan.

Melalui buku ini, prinsip reduce-reuse- recycle (3R) dan pemilahan sampah bisa tersampaikan kepada masyarakat. Sofyan berpandangan, solusi sampah secara komprehensif tidak cukup hanya dilakukan dengan basis komunitas. Perlu sinergi stakeholder dalam mengatasi persoalan sampah. "Jadi, bagaimana sampah diolah dengan berbagai alternatif, tinggal mana yang dipilih, kami mendorong segera dilakukan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Buka Peluang Kontrak Jangka Panjang 3 Tahun untuk Layanan Haji

News
| Senin, 01 Juli 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement