Advertisement

Jadwal Event di Jogja dan Sekitarnya Selama Juli 2024, dari Prambanan Jazz hingga Festival Layang-layang

Ujang Hasanudin
Senin, 01 Juli 2024 - 09:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jadwal Event di Jogja dan Sekitarnya Selama Juli 2024, dari Prambanan Jazz hingga Festival Layang-layang Sejumlah penonton sedang menyaksikan layang-layang berbagai jenis di Pantai Parangkusumo, Minggu (16/7/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja seakan tidak pernah kehabisan acara-acara menarik yang bisa dijadikan untuk hiburan baik event pariwisata, budaya, musik, tradisi, hingga olahraga.

Buktinya sejumlah event akan diselenggarakan selama Juli 2024 di sejumlah titik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Advertisement

Bagi Anda yang ingin mengikuti kegiatan di DIY selama Juni 2024, berikut informasi sejumlah agenda wisata yang bisa dinikmati:

Prambanan Jazz: 5, 6, 7 Juli 2024

Festival musik tahunan, Prambanan Jazz 2024 akan Kembali dihelat tahun ini. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz akan berlangsung pada 5 hingga 7 Juli 2024 di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta.

Sejumlah musisi dan penyanyi ternama akan hadir mengisi festival Prambanan Jazz mulai dari Ar Rahman, Queen At The Opera, Javier Parisi feat G-PLUCK, Mocca feat Olsi, Kla Project, Indra Lesmana feat Eva Celia, Nonaria, Batavia Collective feat Kamga, Ardhito Pramono, Tulus, Maliq & D’essentials dan masih banyak lagi.

Anda bisa nonton semuanya sambil ditemani pemandangan cantik Candi Prambanan. Harga tiket mulai dari Rp350.000 - Rp950.000.

Artjog 2024: 28 Juni-1 September 2024

Gelaran Artjog tidak hanya hadir sebagai sebuah festival seni kontemporer, tetapi juga sebuah perayaan yang mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat dalam Lebaran Seni secara bersama-sama. Artjog 2024 yang mengusung tema Motif: Ramalan, digelar di Jogja National Museum Kota Jogja mulai 28 Juni-1 September 2024.

Artjog 2024 Menampilkan karya dari 48 seniman dewasa, individu maupun kelompok dari dalam dan luar negeri yang terdiri dari 30 seniman undangan dan 18 seniman panggilan terbuka, serta 36 seniman anak dan remaja yang lolos seleksi.

 Keroncong Plesiran Vol. 8: 20 Juli 2024

Pertunjukan musik keroncong dengan konsep orkestra akan hadir kembali. Keroncong Plesiran Vol. 8, salah satu Kharisma Event Nusantara di Yogyakarta, sebuah pertunjukan musik keroncong yang mengandalkan kebebasan berekspresi dan berimprovisasi, penonton diajak untuk mencicipi sebuah pertunjukan yang menawarkan nuansa refreshing dan relaksasi, musik keroncong yang dibawakan merupakan musik orkestra keroncong dan masih banyak lagi.

Kroncong Pelesiran akan diselenggarakan pada Sabtu, 20 Juli 2024 di panggung terbuka Mardigdo, Hutan Pinussari, Manguna

 Tour de Ambarrukmo: 27 Juli 2024

Ambarrukmo kembali menyelenggarakan annual event Tour De Ambarrukmo 2024 yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu 27 Juli 2024. Sebanyak 1300 pesepeda dari luar kota Yogyakarta akan menikmati keindahan pegunungan Menoreh Kulonprogo, Gunung Merapi dan pesona Candi Prambanan.

Ada dua kategori yang bisa dipilih, yakni rute reguler sepanjang 125 km dan rute menanjak sepanjang 145 km. Ada juga trek peserta King of Mountain dan Queen of Mountain yang lebih menantang karena tingkat elevation gain 1.500 meter di jalur Race Goa Kiskendo Kulon Progo.

Event dimulai dari pukul 05.30 WIB dari Plaza Ambarrukmo, lalu menyusuri kawasan Bukit Menoreh menuju daerah Tempel Sleman.

Jogja International Kite Festival: 27-28 Juli 2024

Jogja International Kite Festival ini merupakan salah satu acara tahunan layang-layang bergengsi. Tercatat lebih dari 50 klub nasional dan 22 klub layang-layang dari luar negeri ikut serta secara rutin dalam acara ini.

Jogja International Kite Festival 2024 akan digelar di Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek Bantul, pada 27-28 Juli 2024.

Tour De Merapi

Agenda tur sepeda motor Tour De Merapi bakal kembali hadir pada Juli 2024. Menyuguhkan panorama indah desa-desa wisata di Bumi Sembada, Tour De Merapi tahun ini akan mengajak para peserta berkendara melewati rute-rute syarat fauna.

Tour De Merapi merupakan agenda yang digagas Dinas Pariwisata Sleman untuk mengajak para pencinta touring sepeda motor berkeliling ke desa-desa wisata Sleman. Tak terbatas pada klub motor tertentu, masyarakat yang memiliki kendaraan di bawah 250 cc bisa ikut dalam acara ini. Syaratnya, peserta wajib mengumpulkan fotokopi STNK dan SIM dan memakai kelengkapan berkendara selama tur. Melintasi rute-rute menarik, para pengendara akan tak terasa telah berkeliling ke sejumlah destinasi potensial di Sleman.

Dalam edisi tahun 2024, Tour De Merapi mengangkat tema Dolan Sleman Marai Tuman. Pendaftaran peserta tur dibuka sejak 5 Juni 2024 dan berakhir pada 18 Juli nanti. Tur sepeda motor akan dilaksanakan pada Minggu (21/7/2024) dengan titik start di Lapangan Pemda Sleman. Pengendara akan diajak melewati lima pos desa wisata atau destinasi wisata di Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

107 Orang Tewas Terinjak-injak di India usai Menghadiri Upacara Keagamaan

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement