Advertisement

Pemkab Kulonprogo Genjot Serapan Anggaran untuk Dapatkan Dana Bantuan Pusat

Triyo Handoko
Selasa, 09 Juli 2024 - 01:37 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkab Kulonprogo Genjot Serapan Anggaran untuk Dapatkan Dana Bantuan Pusat Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Serapan anggaran belanja Pemkab Kulonprogo terus digenjot supaya dinilai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki kinerja baik dalam penganggarannya. Penilaian Kemenkeu ini akan memperbesar peluang Pemkab Kulonprogo mendapat intensif fiskal dari pemerintah pusat.

Upaya meningkatkan serapan anggaran ini dilakukan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo dengan salah satunya melakukan rapat koordinasi rutin tiap bulannya. Kepala Bidang Anggaran BKAD Kulonprogo, Sri Sugiyarti menjelaskan dalam koordinasi bulanan itu pihaknya memantau serapan anggaran di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Advertisement

Tak hanya memantau, jelas Sugiyarti, BKAD Kulonprogo juga memberikan rekomendasi-rekomendasi agar serapan dan laporan keuangan tiap OPD sesuai standar. "Kami juga menerima konsultasi semua OPD, tiap harinya selalu ada OPD yang berkonsultasi dan kami berikan arahannya," ungkapnya pada Senin (8/7/2024).

BACA JUGA: Dapat Surat dari Pemda DIY, Dispertaru Kulonprogo Buru-Buru Inventarisasi Tanah Kadipaten

Sugiyarti menjelaskan upaya-upaya tersebut supaya  Pemkab Kulonprogo mendapat insentif fiskal dari pemerintah pusat lantaran anggaran yang ada terbatas. Insentif fiskal ini penting diperoleh agar pembangunan di Bumi Binangun dapat terus ditingkatkan dan diperluas.

Serapan anggaran jadi salah satu indikator untuk mendapat insentif fiskal, jelas Sugiyarti, dari Kemenkeu. "Karena serapan anggaran menjadi bahan mendapat kepercayaan untuk memperoleh insentif fiskal, semakin baik serapannya maka akan mudah mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat," ujarnya.

Menjadi tugas bersama OPD seluruh Kulonprogo, lanjut Sugiyarti, untuk mewujudkan target mendapat insentif fiskal  tersebut. "Sehingga kami juga mengimbau agar OPD seluruhnya turut membantu dengan meningkatkan serapan anggaran yang ada lengkap dengan laporan keuangan yang baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora: Perhelatan Peparnas 2024 Beri Efek Ekonomi

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement