Advertisement

Pemkot Jogja Targetkan Penurunan Angka Stunting di Bawah 10 Persen

Ujang Hasanudin
Sabtu, 13 Juli 2024 - 04:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Targetkan Penurunan Angka Stunting di Bawah 10 Persen Ilustrasi penanganan stunting. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Kota Jogja bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) terus melakukan evaluasi guna memaksimalkan kinerja TPPS sehingga prevalensi stunting mencapai angka kurang dari 10 persen tahun ini.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Jogja Sarmin mengatakan berdasarkan data Pemantauan Status Gizi melalui Capaian Intervensi Serentak, per tanggal 30 Juni 2024, nilai prevalensi stunting di Jogja di angka 10,6 persen. Angka tersebut menurun dibandingkan dengan prevalensi tahun 2023 yaitu di angka 11,8 persen.

Advertisement

“kami selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk bersama-sama menuntaskan permasalahan stunting di Kota Jogja walaupun saat ini angka prevensinya menurun dibandingkan tahun kemarin,” kata Sarmin seperti dilasnir dari laman resmi Pemkot Jogja, Jumat (12/7/2024)

Pihaknya optimis Kota Jogja di tahun 2024-2025 mencapai target prevalensi stunting di angka kurang dari 10 persen.

“Kita berharap, nantinya capaian intervensi di akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025 mencapai prevalensi bisa di bawah 10 persen,”ungkapnya.

Untuk itu, Ia berharap, dari 73 indikator yang menjadi evaluasi bersama TPPS Kota Jogja dapat menjadi upaya bersama dalam penurunan stunting di Kota Jogja.

BACA JUGA: 15 Kelurahan di Jogja Masih Belum Mampu Tekan Stunting, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di Kemantren Gedong Tengen Widyastuti mengungkapkan, dalam menurunkan angka stunting di Kota Jogja perlu dukungan dari orang tua dan keluarga.

Pihaknya mengungkapkan, masih banyak orang tua yang belum sadar pentingnya pemenuhan gizi pada anak dan pola asuh yang tepat. Sehingga dapat menunjang penurunan angka stunting.

“Kita sudah melakukan pendampingan secara maksimal ke wilayah. Namun masih ada perilaku pola asuh yang perlu ditingkatkan. Harapannya keluarga ikut memperhatikan untuk memberikan gizi seimbang pada anak mereka. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan anak,”ungkapnya.

Selain memberikan pendampingan, dalam upaya penurunan stunting di setiap wilayah dilakukan pemberian asam folat, Vitamin A dan Fe (zat besi), ANC (Ante Natal Care) terpadu, pemberian konseling gizi, makanan tambahan untuk ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita, suplemen zink dan imunisasi, suplementa isi Tablet Tambah Darah (TTD), serta kelas calon pengantin dan skrining kesehatan.

Tak hanya itu, adapun dapur balita dan pendampingan balita, pendampingan ibu, parenting serta penyediaan air minum menjadi upaya langsung yang dilakukan dalam rangka mewujudkan zero stunting.

Dalam kesempatan ini, Widyastuti mengatakan, Kemantren Gedong Tengen juga memiliki Program Cegah Stunting Seribu Hari (Ceting Buhari) untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting di wilayah.

Pihaknya berpesan kepada seluruh orang tua untuk rutin membawa anaknya ke posyandu. Jika berat badan balita tidak kunjung naik segera bawa ke Puskesmas terdekat.

“Semoga dengan upaya yanh dilakukan, orang tua juga ikut memantau pertumbuhan anak melalui posyandu secara gratis yang sudah dilakukan setiap bulannya. Sehingga dapat menekan angka stunting di Kota Yogyakarta,”imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement